Kurniawan, Muhammad Ifan Arief (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Wordwall Berbasis Game Edukasi Pada Materi Perubahan Wujud Benda Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Semester Genap Di MI Nasyiatul Mubtadiin Duwet Wates Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
20206103_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
20206103_bab1.pdf Download (332kB) |
|
Text
20206103_bab2.pdf Download (343kB) |
|
Text
20206103_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (371kB) |
|
Text
20206103_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
20206103_bab5.pdf Download (220kB) |
|
Text
20206103_daftarpustaka.pdf Download (223kB) |
|
Text
20206103_lembarpersetujuanpublikasi.pdf Download (308kB) |
Abstract
Muhammad Ifan Arief Kurniawan, Dosen Pembimbing Ratna Wahyu Wulandari, M.Pd dan Aulia Rohmawati, M.Pd., Pengembangan Media Pembelajaran Wordwall Berbasis Game Edukasi Pada Materi Perubahan Wujud Benda Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Semester Genap Di Mi Nasyiatul Mubtadiin Duwet Wates Kediri, Skripsi, Progam Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2024. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Wordwall, Motivasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi yang digunakan oleh guru sehingga siswa merasa bosan dan kurangnya motivasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengembangan Media Pembelajaran Wordwall Berbasis Game Edukasi Pada Materi Perubahan Wujud Benda Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Semester Genap di MI Nasyiatul Mubtadiin Duwet Wates Kediri; 2) Kelayakan Media Pembelajaran Wordwall Berbasis Game Edukasi Pada Materi Perubahan Wujud Benda Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Semester Genap di MI Nasyiatul Mubtadiin Duwet Wates Kediri; dan 3) Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Semester Genap di MI Nasyiatul Mubtadiin Duwet Wates Kediri Melalui Media Pembelajaran Wordwall Berbasis Game Edukasi Pada Materi Perubahan Wujud Benda. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau research and development (RnD), yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Model ini terdiri dari lima tahapan, yaitu Analisis (Analyze), Perencanaan (Design), Pengembangan (Development), Pelaksanaan (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pengembangan media pembelajaran Wordwall dilakukan berdasarkan analisis kurikulum, analisis kebutuhan, dan analisis peserta didik. Isi materi Media Wordwall dibuat menggunakan aplikasi editor Canva dan dimasukkan ke dalam template Wordwall; 2) Hasil Validasi tingkat kelayakan media pembelajaran menunjukkan nilai dari ahli materi I sebesar 92%, ahli materi II sebesar 90%, ahli desain media I sebesar 97%, ahli desain media II sebesar 96%, dan ahli pembelajaran sebesar 96%. Rata-rata nilai dari validator ahli materi, desain media, dan pembelajaran adalah 95% dengan status Sangat Layak; dan 3) Peningkatan motivasi belajar siswa terlihat dari hasil post-test yang menunjukkan rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 75%, sedangkan pada pre-test sebesar 87%. Hal ini diperkuat dengan hasil uji-t yang menunjukkan nilai t-hitung > t-tabel, yaitu t-hitung = 7.830 sedangkan t-tabel = 2,048 dengan signifikansi sebesar 0,00. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan motivasi belajar siswa setelah dilakukan Pengembangan Media Pembelajaran Wordwall Berbasis Game Edukasi Pada Materi Perubahan Wujud Benda.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Muhammad Ifan Arief Kurniawan |
Date Deposited: | 30 Jul 2024 07:06 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 07:06 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13503 |
Actions (login required)
View Item |