JALALUDIN, AHMAD (2018) UPAYA GURU PAI DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP NEGERI 1 BATU. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932127014_PRA BAB.pdf Download (535kB) |
|
Text
932127014_BAB I.pdf Download (306kB) |
|
Text
932127014_BAB II.pdf Download (558kB) |
|
Text
932127014_BAB III.pdf Download (443kB) |
|
Text
932127014_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (497kB) |
|
Text
932127014_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (315kB) |
|
Text
932127014_BAB VI.pdf Download (131kB) |
|
Text
932127014_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (456kB) |
Abstract
Kata Kunci: upaya guru PAI, Penguatan Pendidikan Karakter. Sekolah merupakan suatu Lembaga Pendidikan formal yang tumbuh serta diakui oleh masyarakat, salah satu sekolah yang melaksanakan program Penguatan Pendidikan Karakter ialah SMP Negeri 1 Batu. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk meneliti tentang Upaya Guru PAI dalam Penguatan Pendidikan Karakter di SMP Negeri 1 Batu, dengan fokus penelitian diantaranya yaitu : 1) Bagaimana strategi guru PAI dalam Penguatan Pendidikan Karakter pada siswa SMP Negeri 1 Batu, 2) Faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam Penguatan Pendidikan Karakter pada siswa SMP Negeri 1 Batu. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Data-data dari lapangan diperoleh melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah semua data diperoleh langkah selanjutnya yaitu melakukan analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Tahap akhir dalam penelitian ini adalah melakukan teknik pemeriksaan untuk pengecekan keabsahan data dengan cara triangulasi. Teknik pemeriksaan didasarkan pada derajat kredibilitas, untuk membuktikan bahwa apa yang berhasil dikumpulkan oleh peneliti telah sesuai dengan kenyataan yang ada dalam penelitian. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter pada siswa SMP Negeri 1 Batu mengupayakan dengan mengadakan program-program untuk penguatan nilai religius, nilai nasionalis, nilai mandiri, nilai gotong-royong, dan nilai integritas. Dimana 5 nilai utama inilah yang kembangkan dalam diri siswa untuk menjadi pribadi yang unggul. 5 nilai utama ini dikembangkakn dengan program-program sekolah seperti kantin kejujuran, jum’at bersih, mengapilkasikan 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, dan Santun), dll. Adapun metode pembelajaran yang digunakan yaitu: 1) metode ekspository learning kooperatif. 2) metode ceramah. 3) metode diskusi. Media pembelajaran yang digunakan juga sangat beragam dengan menggunakan sarana yang sudah disediakan di dalam kelas seperti LCD / Proyektor dan juga alat-alat peraga lainnya. Adapun faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter sarana dan prasarananya sudah lengkap dan sudah bisa membantu para guru dan siswa dalam belajar dan mengajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Yudi Sumarsono |
Date Deposited: | 10 Aug 2020 02:55 |
Last Modified: | 10 Aug 2020 02:55 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1350 |
Actions (login required)
View Item |