Luthfina, Linna Tsani (2020) Optimalisasi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Siswa di SMAN 7 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932119615 prabab.pdf Download (616kB) |
|
Text
932119615 bab1.pdf Download (584kB) |
|
Text
932119615 bab2.pdf Download (611kB) |
|
Text
932119615 bab3.pdf Download (343kB) |
|
Text
932119615 bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (767kB) |
|
Text
932119615 bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (327kB) |
|
Text
932119615 bab6.pdf Download (312kB) |
|
Text
932119615 Daftar_Pustaka.pdf Download (300kB) |
|
Text
932119615 lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (583kB) |
Abstract
Pada saat ini bahwa seorang pendidik memiliki peranan yang sangat penting dalam pendidikan begitu pula dalam pendidikan Islam. Seorang pendidik diharapkan mampu menanamkan kecerdasan spiritual pada diri peserta didik dan tidak hanya mengerjakanya saja. Dengan demikian kecerdasan piritual tidak sekedar teori namun nilai-nilai keagamaan tersebut akan tercermin pada perilaku siswa sehari-harinya. Pendidikan Agama Islam berperan penting dalam perkembangan akhlak siswa. Terutama moral dan akhlak masyarakat yang memang bermasalah, dan untuk mengatasi moral dan akhlak tersebut bukan hanya dengan pembelajaran secara teori melainkan juga dengan pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari.Oleh karena itu pengembangan kecerdasan spiritual dinilai sangat penting dan berperan dalam meningkatkan akhlak siswa. Penelitian ini berguna untuk mengetahui lebih mendalam mengenai pengembangan kecerdasan spiritual siswa di SMAN 7 Kediri. Terkait dengan hal tersebut, peneliti akan merumuskan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana optimalisasi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa melalui penanaman nilai shidiq di SMAN 7 Kediri. (2) Bagaimana optimalisasi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa melalui penanaman nilai amanah di SMAN 7 Kediri. Penelitian ini dilakukan di SMAN7 Kediri, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang peneliti dapatkan dari guru Pendidikan Agama Islam dan siswa. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari penelitian ini dapat dilihat hasil-hasil penelitian yaitu: (1) optimalisasi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa melalui penanaman nilai shidiq di SMAN 7 Kediri adalah dengan memberi motivasi, sholat berjama’ah, tes lisan, izin keluar masuk kelas/sekolah (dispensation), dan kantin kejujuran. (2) optimalisasi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa melalui penanaman nilai amanah di SMAN 7 Kediri adalah dengan cara guru sebagi contoh/teladan, diskusi kelompok, tadarus Al-Qur’an, dan pemberian tugas.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 06 Aug 2020 03:19 |
Last Modified: | 06 Aug 2020 03:19 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1347 |
Actions (login required)
View Item |