Pengembangan Media Video Animasi Yuk Belajar Tajwid untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI Kelas X SMAN 3 Kediri

PERDIANA, YUNIAR NUR (2024) Pengembangan Media Video Animasi Yuk Belajar Tajwid untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI Kelas X SMAN 3 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20201078_prabab.pdf

Download (915kB)
[img] Text
20201078_bab1.pdf

Download (365kB)
[img] Text
20201078_bab2.pdf

Download (302kB)
[img] Text
20201078_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text
20201078_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
20201078_bab5.pdf

Download (149kB)
[img] Text
20201078_daftarpustaka.pdf

Download (200kB)

Abstract

Peserta didik yang lulus dari tingkat SMP dan SMA idealnya dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar, karena hal tersebut demi menunjang kegiatan pembelajaran PAI yang akan berlangsung maupun membentuk karakter siswa. Namun, pada pada kenyataannya banyak guru PAI mengalami kendala dalam kegiatan pembelajaran. Permasalahan yang sering dialami di tingkat SMA adalah siswa kurang termotivasi dalam mempelajari tajwid sehingga belum bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Faktor penyebab siswa kurang termotivasi mempelajari ilmu Tajwid adalah sumber materi ilmu Tajwid yang yang disajikan guru dalam bentuk buku cetak saja, terbatasnya waktu jam pelajaran, kurangnya dukungan orang tua dan lingkungan sekitar, serta kurangnya motivasi belajar. Dengan demikian dibutuhkan motivasi belajar agar siswa tertarik untuk mempelajari ilmu tajwid dengan baik. Kemajuan teknologi di zaman sekarang, menjadikan sekolah mulai mengedepankan IPTEK. Oleh karena itu, guru dituntut inovatif dan kreatif dalam memenuhi kebutuhan peserta didik. Adapun langkah yang dapat dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik adalah mengembangkan media video animasi yang mendidik dan menghibur. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah (1) membuat langkah-langkah pengembangan media video animasi Yuk Belajar Tajwid, (2) mengetahui tingkat kelayakan pengembangan media video animasi Yuk Belajar Tajwid, dan (3) mengidentifikasi peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas X SMA Negeri 3 Kediri. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah jenis penelitian Research and Development (RND) dengan model penelitian Lee Owens (2004) yang terdiri lima tahap yang meliputi analysis, design, development, implemntation, and evaluation. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 3 Kediri dengan mengambil kelas X yang terdiri dari 35 siswa. Hasil penelitian dan pengembangan menujukkan bahwa media video animasi Yuk Belajar Tajwid mendapatkan penilaian kualifikasi “sangat layak dan sangat valid”. Berdasarkan hasil validasi diperoleh nilai dari validator ahli materi satu sebesar 99%, ahli materi kedua sebesar 97%, dan ahli materi ketiga sebesar 91%. Kemudian diperoleh nilai dari validator ahli media satu pada validasi pertama sebesar 75%, validasi kedua sebesar 87%, serta diperoleh validator ahli media kedua sebesar 100%. Dilihat dari hasil analisis angket sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan uji-t (Paired t-test) pada kelompok kecil diperoleh nilai sig. atau probabilitas sebesar 0,000 < 0.05. Maka H_0 ditolak dan H_1diterima. Sedangkan pada kelompok besar menggunakan uji Wicoxon diperoleh nilai Asym.sig (2 failed) sebesar 0,000 < 0,05 maka hipotesis diterima. Artinya media video animasi Yuk Belajar Tajwid efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas X SMAN 3 Kediri. Hasil tersebut didukung adanya perbedaan signifikan rata-rata motivasi belajar sebelum dan sesudah pemberian media video animasi Yuk Belajar Tajwid sebesar 0.000.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yuniar Nur Ferdiana
Date Deposited: 30 Jul 2024 04:37
Last Modified: 30 Jul 2024 04:37
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13455

Actions (login required)

View Item View Item