Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Sosial Media Marketing Terhadap Keputusan Konsumen (Studi Kasus Lembaga Language Center Kampung Inggris Pare Kabupaten Kediri)

Futari I, Ooji (2024) Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Sosial Media Marketing Terhadap Keputusan Konsumen (Studi Kasus Lembaga Language Center Kampung Inggris Pare Kabupaten Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931313718_prabab.pdf

Download (4MB)
[img] Text
931313718_bab1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
931313718_bab2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
931313718_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
931313718_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
931313718_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
931313718_bab6.pdf

Download (2MB)
[img] Text
931313718_daftarpustaka.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi .pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)

Abstract

Ooji Futari I, 2024, Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Social Media Marketing Terhadap Keputusan Konsumen (Studi Kasus Lembaga Kursus Language Center Kampung Inggris Kecamatan Pare Kabupaten Kediri), Skripsi, Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Kediri, Dosen Pembimbing (1) Dr. Hj. Sulistyowati, SHI, MEI dan (2) H. Mohammad Bakir, M.Fil.I. Kata Kunci : Electronik Word Of Mouth, Social Media Marketing, Keputusan Konsumen. Keputusan konsumen mengacu pada proses pemilihan dari dua atau lebih opsi keputusan yang tersedia. Keberadaan beberapa alternatif yang seharusnya tersedia dan pengaruh keputusan pembelian dapat mempengaruhi proses pengambilan keputusan. Dalam rangka menentukan pilihan, konsumen harus mempertimbangkan dan memilih di antara beberapa alternatif yang ada. Electronic word of mouth merupakan salah satu faktor yang mendorong strategi pemasaran melalui media sosial, di mana pelanggan berbagi pandangan positif tentang produk kepada calon pelanggan lainnya melalui komunikasi pribadi. Namun, dalam situasi di mana tidak ada pilihan lain, tindakan yang dilakukan tanpa adanya alternatif tidak dapat dianggap sebagai pengambilan keputusan. Oleh karena itu penelitian ini bertujian untuk mengetahui pengaruh electronic word of mouth dan social media marketing terhadap keputusan konsumen pada Lembaga Kursus Language Center Kampung Inggris Kecamatan Pare Kabupaten Kediri. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian yaitu penelitian lapangan (field reasearch) dengan menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara pengisian data berupa kuesioner. Populasi dalam penelitian ini semua anggota Language Center Kampung Inggris Kecamatan Pare Kabupaten Kediri periode Desember 2023 dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 88 responden. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan bantuan SPSS 25. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa : (1) nilai uji korelasi bahwa variabel electronic word of mouth memiliki nilai korelasi sebesar 0.849 artinya tingkat keeratan hubungan antar variabel sangat kuat dan nilai korelasi bernilai positif. (2) nilai uji korelasi sebesar 0,615 dimana nilai tersebut diantara 0,6 sampai 0,799 maka dapat diartikan bahwa variabel social media marketing memliki hubungan yang kuat terhadap variabel keputusan konsumen dan korelasi bersifat positif. (3) nilai korelasi sebesar 0.849 artinya tingkat keeratan hubungan antar variabel sangat kuat dan nilai korelasi bernilai positif. Untuk variabel social media marketing dimana untuk nilai korelasi sebesar 0,615 maka dapat diartikan bahwa variabel social media marketing memliki hubungan yang kuat terhadap variabel keputusan konsumen dan korelasi bersifat positif. Maka menghasilkan adanya pengaruh pada variabel electronic word of mouth dan social media marketing terhadap keputusan konsumen Hasil pengujian dengan analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan Y=14,345 + 0,477X_1 + 0,223X_2. Bahwa nilai koefisien determinasi atau R Square yaitu sebesar 0,813 atau sama dengan 81,3%.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Ooji Futari I
Date Deposited: 22 Jul 2024 08:07
Last Modified: 22 Jul 2024 08:07
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13445

Actions (login required)

View Item View Item