Meningkatkan Kreatifitas Kolase dengan Pola Lafadz Allah Melalui Media Kertas Koran Pada Anak Kelompok B TK Dharma Wanita Kleco Kec. Pesantren Kota Kediri

Tiviana, Aris (2014) Meningkatkan Kreatifitas Kolase dengan Pola Lafadz Allah Melalui Media Kertas Koran Pada Anak Kelompok B TK Dharma Wanita Kleco Kec. Pesantren Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
prabab.pdf

Download (337kB)
[img] Text
02. BAB I.01.pdf

Download (181kB)
[img] Text
03. BAB II.pdf

Download (111kB)
[img] Text
04. BAB III.01.pdf

Download (262kB)
[img] Text
05. BAB IV(new).pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB)
[img] Text
06. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)
[img] Text
07. BAB.VI.(new 01).pdf

Download (92kB)
[img] Text
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10kB)

Abstract

Kreativitas adalah pengalaman mengekspresikan dan mengaktualisasikan identitas individu dalam bentuk terpadu dalam hubungan dengan diri sendiri, dengan alam dan dengan orang lain Kreativitas anak bisa dikembangkan melalui kegiatan kolase yang menyenangkan diantaranya dengan memanfaatkan koran bekas. Karena kreativitas merupakan suatu hal yang paling unik dan hanya dimiliki oleh manusia dari sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun yang dilakukan melalui rangsangan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan agar memiliki kesiapan lebih lanjut untuk memasuki pendidikan selanjutnya. Penelitian ini bermaksud untuk Meningkatkan Kreatifitas Kolase dengan Pola Lafadz Allah Melalui Media Kertas Koran Pada Anak Kelompok B TK Dharma Wanita Kleco Kec. Pesantren Kota Kediri. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas subyek dari penelitian adalah kelompok B TK Dharma Wanita Kleco Kecamatan Pesantren Kota Kediri dengan jumlah siswa 20 anak, terdiri dari 8 laki-laki dan 12 perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara guru dan peneliti. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, yang masing-masing terdiri dari empat pertemuan. Instrumen dalam penelitian ini berupa lembar observasi, pedoman wawancara, lembar kreatifitas anak dan dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, lembar kreatifitas anak, wawancara dan catatan lapangan. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif pada setiap siklusnya. Hasil penilaian aspek pengembangan kreativitas siswa pada pembelajaran pra siklus dapat diketahui dari 20 siswa yang mencapai (***) dan (****) belajar sebanyak 10 siswa, sehingga dapat diketahui tingkat ketuntasan siswa sebesar 50%. Hasil tes siklus I dapat diketahui dari 20 siswa mencapai (****) sebanyak 12 siswa sehingga, dapat diketahui terjadinya peningkatan sebesar 10% dengan tingkat ketuntasan siswa dalam prosentase sebesar 60%. Kemudian melanjutkan siklus II dan dapat kita ketahui dari 20 siswa mencapai (****) sebanyak 18 siswa, sehingga dapat diketahui tingkat ketuntasan siswa sebesar 90%. Dari sini dapat dikatakan bahwa sebagian besar siswa telah mampu mencapai standar ketuntasan belajar yang telah ditetapkan, bahkan hasilnya sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 18 Jul 2024 07:55
Last Modified: 18 Jul 2024 07:55
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13428

Actions (login required)

View Item View Item