Strategi Pengasuh Pondok Pesantren Nurus Syahid Mantren Tengger Kidul Pagu Kediri dalam Menghdapi Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Wijaya, Toni (2014) Strategi Pengasuh Pondok Pesantren Nurus Syahid Mantren Tengger Kidul Pagu Kediri dalam Menghdapi Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
prabab.pdf

Download (379kB)
[img] Text
1-3.pdf

Download (360kB)
[img] Text
4-5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[img] Text
6 dp.pdf

Download (171kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengasuh pondok pesantren Nurus Syahid Mantren Tengger Kidul Pagu Kediri dalam menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi kontribusi pemikiran terhadap dunia Islam khususnya dunia pendidikan pesantren tentang seluk beluk ilmu pengetahuan dan teknologi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan memberikan makna pada data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna tersebut ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik trianggulasi yaitu trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: (1) Dalam mengikuti perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknolgi, pengasuh pondok pesantren Nurus Syahid Dengan mengikuti perkembangan IT tersebut secara on line dan berkesinambungan, karena “Al-Insan ibnu al-zaman” bahwa manusia itu anaknya masa, artinya yang berkembang saat ini adalah IT, jadi IT diperlukan sekali dalam pesantren sebagai penunjang kegiatan-kegiatan pesantren khususnya perkembangan perekonomian pesantren seperti toko, koperasi yang ada disini. (2) Dalam menganalisa strategi yang diterapkan, pengasuh selalu menghimbau kepada pengurus dan masyarakat sekitar untuk memberi masukan-masukan, baik yang sifatnya pribadi maupun umum (3) Cara pengasuh pondok pesantren Nurus Syahid dalam menerapkan strategi yaitu dengan mensosialisasikan kepada santri tentang madlorot dan maslahat dari penggunaan IT tersebut. (4) Adapun cara pengasuh pondok pesantren Nurus Syahid mengevaluasi strategi yaitu dengan melakukan kontrol secara continue dan menerima masukan, kritik dan saran dari orang lain maupun komunitas lain.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130307 Ethnic Education (Pendidikan Etnis)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 18 Jul 2024 07:45
Last Modified: 18 Jul 2024 07:45
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13425

Actions (login required)

View Item View Item