Penerapan Metode Jigsaw Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IV SD NU Sukorejo Gurah Kediri Tahun Pelajaran 2013 – 2014

Supendi, Supendi (2014) Penerapan Metode Jigsaw Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IV SD NU Sukorejo Gurah Kediri Tahun Pelajaran 2013 – 2014. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (336kB)
[img] Text
bab 1-3.pdf

Download (295kB)
[img] Text
bab 4-5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[img] Text
bab 6 dp.pdf

Download (169kB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui model pembelajaran Jigsaw Learning di kelas IV SD NU Sukorejo Gurah Kediri, dan untuk mengetahui keberhasilan pembelajaran metode Jigsaw Learning dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas IV SD NU Sukorejo Gurah Kediri. Metode penelitian dibagi menjadi dua yaitu metode pengumpulan data dan metode analisis data.metode pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Metode analisis data merupakan upaya mencari dan menata secara sistematis catatan hasil observasi dan lainnya. Isi penelitian ini meliputi pertama penerapan metode Jigsaw Learning pada mata Pendidikan Agama Islam dengan cara membagi kelas menjadi 3 kelompok dengan anggota masing-masing kelompok 4 siswa untuk mendiskusikan materi yang telah dibagi untuk selanjutnya disampaikan kepada kelompok lain dan sebagai langkah akhir hasil diskusi tersebut dibacakan oleh perwakilan kelompok. Model pembelajaran Jigsaw Learning ini telah berhasil meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam materi pokok nama-nama malaikat dan tugasnya. Peningkatan prestasi siswa tersebut terlihat dari peningkatan nilai tes yaitu pada pra siklus rata-rata nilai kelas 60.00, pada siklus I rata-rata kelas 72.50 dan pada siklus II rata-rata kelas adalah 85.00. Sedangkan prosentase jumlah siswa yang tuntas belajar mulai pra siklus, siklus I, dan siklus II semakin meningkat 25%, (pra siklus), meningkat menjadi 33,3% (siklus I), meningkat menjadi 91,67% (siklus II).

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 18 Jul 2024 07:40
Last Modified: 18 Jul 2024 07:40
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13424

Actions (login required)

View Item View Item