Penerapan metode every one is a teacher here untuk meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam materi bacaan Sholat wajib siswa kelas IV SDN Margourip II Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri

Mutakin, Saifullah (2014) Penerapan metode every one is a teacher here untuk meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam materi bacaan Sholat wajib siswa kelas IV SDN Margourip II Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
prabab.pdf

Download (485kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (180kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (150kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (308kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (80kB)

Abstract

Pengajaran ceramah sering kali mengabaikan adanya perbedaan-perbedaan individual siswa di dalam kelas. Tidak semua siswa dapat menyerap pembelajaran Agama Islam dengan baik yang diberikan oleh guru. Siswa cenderung kurang paham dan bosan dengan metode ceramah khususnya siswa kelas IV SDN Margourip II dalam materi menghafal bacaan sholat. Untuk mengatasi permasalahan tersebut guru harus pandai memilih strategi pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan kemampuan menghafal bacaan sholat wajib. Dalam hal ini peneliti menggunakan metode everyone is a teacher here. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan metode everyone is a teacher here dapat meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam materi bacaan sholat wajib. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reserach) yang mengacu pada rancangan model Kemmis dan Taggart dengan 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: 1) perencanaan; 2) pelaksanaan tindakan; 3) pengamatan; dan 4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: 1) tes; 2) observasi; 3) wawancara; dan 4) dokumentasi. Dari hasil analisa didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan yaitu dari data sebelum siklus, kegiatan siklus I sampai siklus II yaitu, Pra Siklus siswa yang tuntas belajar sejumlah 3 siswa 10,72%, Tidak tuntas belajar 25 siswa atau 89,28%, rata-rata kelas 56,42. kegiatan siklus I siswa yang tuntas belajar 14 siswa atau 50%, Tidak tuntas belajar 14 siswa atau 50%, rata-rata kelas 73,21. Sedangkan kegiatan siklus II siswa yang tuntas belajar 26 siswa 92,85%, Tidak tuntas belajar 2 siswa atau 7,15%, rata-rata kelas 85,71. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode Everyone is a teacher here dapat meningkatkan prestasi belajar bidang studi Pendidikan Agama Islam materi bacaan sholat wajib siswa kelas IV semester II tahun pelajaran 2013-2014 serta metode pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif proses pembelajaran bidang studi lainya.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 18 Jul 2024 07:31
Last Modified: 18 Jul 2024 07:31
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13422

Actions (login required)

View Item View Item