Sholikhuddin, M Anif (2023) Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Al Qur’an Hadits Di MTs Bahrul Ulum. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932122718_prabab.pdf Download (3MB) |
|
Text
932122718_bab1.pdf Download (563kB) |
|
Text
932122718_bab2.pdf Download (752kB) |
|
Text
932122718_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (574kB) |
|
Text
932122718_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (695kB) |
|
Text
932122718_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (541kB) |
|
Text
932122718_bab6.pdf Download (511kB) |
|
Text
932122718_daftarpustaka.pdf Download (472kB) |
Abstract
Pendidikan memegang pengaruh penting dalam perkembangan bangsa dan negara oleh karena itu pelaksanaan pendidikan tidak hanya sebagai kewajiban semata akan tetapi menjadi kebutuhan setiap manusia. Melalui pendidikan generasi bangsa itu terbentuk, oleh sebab itu untuk melangsungkan program pendidikan yang efektif dan efisien diperlukan sistem yang mengatur keberlangsungan pendidikan. Salah satunya adalah dengan menyusun kurikulum pendidikan sebagai panduan dalam pelaksanaan proses pendidikan. Fokus penelitian ini adalah, 1) bagaimana implementasi standar isi kurikulum 2013 pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Bahrul Ulum Gading Mangu Perak Jombang? 2) bagaimana implementasi standar proses kurikulum 2013 pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Bahrul Ulum Gading Mangu Perak Jombang? 3) bagaimana implementasi standar penilaian kurikulum 2013 pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Bahrul Ulum Gading Mangu Perak Jombang?. Penelitian ini menggunakan pendekatan sosio fenomologi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data, peneliti mengunakan konsistensi pengamatan dan trianggulasi. Data primer dari penelitian ini adalah kepala sekolah, Waka Kurikulum, guru pengampu mata pelajaran Hadits. Dari hasil penelitian menyebutkan bahwa di MTs Bahrul Ulum gadingmangu Perak Jombang standar proses terdiri dari perancanaan yang di dalamnya terdapat penyusunan RPP, pelaksanaan, proses pembelajaran, penilaian, hasil belajar, dan pengawasan pada saat proses pembeajaran. Adapun pada standar penilaian di MTs Bahrul Ulum gadingmangu Perak Jombang menggunakan penilaian autentik dan komprehensif. Dan pada evaluasi standar proses dan standar penilaian ditemukan 2 problem yaitu: kurangnya kedisiplinan guru karena tidak atau belum membuat perangkat pembelajaran dan minimnya pengetahuan IT sehingga guru merasa kebingunagan ketika memasukkan nilai ke dalam aplikasi RDM (Raport Digital Madrasah).
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | M. ANIF SHOLIKHUDDIN |
Date Deposited: | 16 Jul 2024 06:33 |
Last Modified: | 16 Jul 2024 06:33 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13410 |
Actions (login required)
View Item |