Gambaran Kepekaan Sosial Siswa Terhadap Siswa Berkebutuhan Khusus Di SDN Banjaran 4 Kota Kediri

ZUHROH, SITI SYARIFATUZ (2023) Gambaran Kepekaan Sosial Siswa Terhadap Siswa Berkebutuhan Khusus Di SDN Banjaran 4 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933423519_prabab.pdf

Download (2MB)
[img] Text
933423519_bab1.pdf

Download (438kB)
[img] Text
933423519_bab2.pdf

Download (411kB)
[img] Text
933423519_bab3.pdf

Download (318kB)
[img] Text
933423519_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB)
[img] Text
933423519_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[img] Text
933423519_bab6.pdf

Download (185kB)
[img] Text
933423519_daftarpustaka.pdf

Download (413kB)
[img] Text
933423519_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
933423519_pernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (197kB)

Abstract

Siti Syarifatuz Zuhroh. 2023. Gambaran Kepekaan Sosial Siswa terhadap Siswa Berkebutuhan Khusus di SDN Banjaran 4 Kota Kediri. Skripsi, Program Studi Psikologi Islam Fakultas Usuluddin dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri. Dosen Pembimbing (1) Rezki Suci Qamaria, M.Psi., dan Dosen Pembimbing (2) Sunarno, MA. Kata Kunci: Kepekaan Sosial, SDN Banjaran 4 Kota Kediri Kepekaan sosial merupakan suatu hal yang penting dalam kehidupan bersosial, terlebih dalam lingkungan sekolah inklusi, karena tanpa adanya kepekaan sosial yang baik dalam lingkungan sekolah inklusi akan memicu timbulnya aksi bullying terhadap siswa yang berkebutuhan khusus. Kepekaan sosial sendiri dapat dimaknai sebagai sebuah tindakan individu dalam merespon secara cepat dan tepat terhadap situasi atau objek sosial yang ada di lingkungannya. Penilitian ini sendiri bertujuan untuk mengetahui gambaran bentuk-bentuk perilaku kepekaan sosial siswa terhadap siswa berkebutuhan khusus di SDN Banjaran 4 Kota Kediri faktor-faktor yang mempengaruhi kepekaan sosial siswa terhadap siswa berkebutuhan khusus di SDN Banjaran 4 Kota Kediri. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan yang diteliti dalam penelitian ini yaitu 2 wali kelas, 3 GPK, 1 guru kelas, dan 2 siswa. Metode analisis data menggunakan tiga cara yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk metode keabsahan data menggunakan trangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menjelaskan gambaran bentuk-bentuk perilaku kepekaan sosial siswa terhadap siswa berkebutuhan khusus di SDN Banjaran 4 Kota Kediri yaitu siswa peduli dengan siswa berkebutuhan khusus yang ditunjukkan dengan kemauan untuk membantu mengerjakan tugas kelas, mengajak siswa berkebutuhan khusus bekomunikasi, belajar dan bermain bersama, siswa mampu memahami, mengalah dan memaklumi kondisi siswa berkebutuhan khusus, membela siswa berkebutuhan khusus ketika dijaili, menghibur siswa berkebutuhan khusus ketika bersedih, siswa menyayangi siswa berkebutuhan khusus, dan siswa juga mampu bertoleransi dengan siswa berkebutuhan khusus sehingga siswa tidak membeda-bedakan antara siswa berkebutuhan khusus dengan teman lainnya. Faktor-faktor yang mempengaruhi kepekaan sosial siswa terhadap siswa berkebutuhan khusus di SDN Banjaran 4 Kota Kediri yaitu sifat ramah dan belas kasih yang dimiliki siswa, motivasi dalam diri siswa untuk membantu, suasana hati (mood) siswa, dan peran orang-orang yang ada di sekitarnya.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam
Depositing User: Siti Syarifatuz Zuhroh
Date Deposited: 17 Jul 2024 04:27
Last Modified: 17 Jul 2024 04:27
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13405

Actions (login required)

View Item View Item