Peran Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus Toko Durian Ibu Umi Desa Kanyoran Kecamatan Semen Kabupaten Kediri)

Sutarsih, Sutarsih (2024) Peran Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus Toko Durian Ibu Umi Desa Kanyoran Kecamatan Semen Kabupaten Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931305918_prabab.pdf

Download (329kB)
[img] Text
931305918_bab1.pdf

Download (215kB)
[img] Text
931305918_bab2.pdf

Download (188kB)
[img] Text
931305918_bab3.pdf

Download (113kB)
[img] Text
931305918_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[img] Text
931305918_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[img] Text
931305918_bab6.pdf

Download (32kB)
[img] Text
931305918_daftarpustaka.pdf

Download (134kB)
[img] Text
931305918_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] Text
931305918_Sutarsih_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (95kB)

Abstract

Durian adalah salah satu tanaman holtikultura yang dapat tumbuh di sebagian besar wilayah Indonesia. Salah satu desa yang terkenal dengan durian adalah Desa Kanyoran. Petani durian di Desa Kanyoran kesulitan untuk menjual durian secara langsung kepada konsumen, hingga terdapat beberapa toko yang menerima buah durian dari para petani. Salah satu toko yang menerima buah durian dari para petani adalah Toko Durian Ibu Umi. Banyaknya petani durian yang menjual durian di Toko Durian Ibu Umi mengakibatkan stok buah durian yang dimiliki melimpah. Sehingga untuk menghabiskan stok buah durian yang dimiliki diperlukan strategi pemasaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan Toko Durian Ibu Umi. Selain itu tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan Toko Durian Ibu Umi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Dalam memperoleh data, peneliti melakukan observasi, wawancara terstruktur, dan juga dokumentasi yang kemudian dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan sumber data penelitian ini adalah pemilik, petani durian Desa Kanyoran dan konsumen Toko Durian Ibu Umi. Kemudian untuk memeriksa keabsahan data yang sudah dianalisis menggunakan teknik perpanjangan waktu keikutsertaan peneliti di lapangan dan meningkatkan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian memaparkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan oleh Toko Durian Ibu Umi adalah strategi pemasaran yang biasa disebut dengan bauran pemasaran atau marketing mix dalam meningkatkan penjualan yaitu produk (product), harga (price), tempat (place) dan promosi (promotion). Peran strategi pemasaran yang dilakukan oleh Toko Durian Ibu Umi dalam meningkatkan penjualan cukup efektif untuk meningkatkan volume penjualan, terbukti dengan meningkatnya volume penjualan setiap tahun. Tahun 2019 terjadi peningkatan penjualan sebesar 3% yaitu sekitar 211 buah, tahun 2020 meningkat sebesar 4% yang mencapai 344 buah, tahun 2021 meningkat sebesar 5% yaitu sekitar 407 buah dan pada tahun 2022 meningkat sebesar 7% yaitu sekitar 613 buah. Hal tersebut tidak terlepas dari strategi pemasaran dan faktor-faktor penjualan yang diterapkan

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Sutarsih Sutarsih
Date Deposited: 15 Jul 2024 03:38
Last Modified: 15 Jul 2024 03:38
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13400

Actions (login required)

View Item View Item