Analisis Hukum Islam Terhadap Penyelesaian Sengketa Kerjasama Investasi Syariah (Studi Kasus Di Jagonya Offset, Desa Purwodadi Kecamatan Kras Kabupaten Kediri)

Yanti, Apricilya Vany Lucy (2024) Analisis Hukum Islam Terhadap Penyelesaian Sengketa Kerjasama Investasi Syariah (Studi Kasus Di Jagonya Offset, Desa Purwodadi Kecamatan Kras Kabupaten Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20302050_prabab.pdf

Download (749kB)
[img] Text
20302050_bab1.pdf

Download (267kB)
[img] Text
20302050_bab2.pdf

Download (379kB)
[img] Text
20302050_bab3.pdf

Download (197kB)
[img] Text
20302050_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[img] Text
20302050_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img] Text
20302050_bab6.pdf

Download (186kB)
[img] Text
20302050_daftarpustaka.pdf

Download (187kB)
[img] Text
20302050_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (61kB)

Abstract

YANTI, APRICILYA VANY LUCY. Dosen Pembimbing Sheilah Fakhria, M.H dan Rizki Dermawan, M.H, Analisis Hukum Islam Terhadap Penyelesaian Kerjasama Investasi Syariah (Studi Kasus di Jagonya Offset, Desa Purwodadi Kecamatan Kras Kabupaten Kediri). Skripsi, Program Studi Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah, IAIN Kediri, 2024. Kata Kunci: Investasi Syariah, Sulh, Penyelesaian Sengketa Investasi memainkan peran penting dalam penerapan prinsip-prinsip keuangan Islam. Semakin banyak yang terlibat dalam praktik investasi sebagai bagian dari upaya untuk memaksimalkan pengelolaan keuangan keluarga. Maka, cara yang bijak untuk pengelolaan uang jangka panjang salah satunya adalah dengan investasi syariah. Investasi syariah didasarkan pada prinsip syariah yang melarang riba, gharar, dan maysir. Namun, dalam praktik pelaksanaan kerjasama investasi syariah mengalami permasalahan yang mengakibatkan kerjasama investasi tersebut tidak berjalan dengan baik dan berimbas kepada pembagian dividen. Dalam praktik pelaksanaanya, investor yang seharusnya mendapatkan dividen 3 bulan sekali, dalam praktik ini mengalami keterlambatan yang cukup lama. Oleh karena itu, peneliti bertujuan untuk mengetahui pertama, bagaimana praktik pelaksaan kerjasama investasi syariah di Desa Purwodadi Kecamatan Kras Kabupaten Kediri, kedua, bagaimana penyelesaian sengketa kerjasama investasi syariah di Desa Purwodadi Kecamatan Kras Kabupaten Kediri dalam hukum Islam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian empiris, dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yaitu metode penelitian yang menggunakan data deskriptif berupa bahasa tertulis atau lisan dari orang atau pelaku yang diamati. Adapun metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, praktik kerjasama investasi syariah yang dilakukan tersebut diikuti oleh beberapa investor yang berkedudukan sebagai pekerja dan masyarakat. Praktik pelaksaan investasi ini dilakukan dengan cara memproduksi suatu desain kemasan percetakan yang nantinya akan dijadikan wadah kemasan seperti kopi, snack, dan lain-lain. Cara pemasaran dilakukan melalui seminar dan workshop. Pembagian dividen dilakukan setiap 3 bulan sekali, namun mengalami keterlambatan cukup lama sehingga berimbas kepada investor. Kedua, penyelesaian sengketa ini dilakukan dengan menggunakan sulh (perdamaian) yang dilakukan berdasarkan prinsip- prinsip hukum Islam. Hal tersebut dilakukan dengan cara melakukan musyawarah untuk mencapai kesepakatan dalam negosiasi. Sulh dianggap sebagai cara yang lebih efektif dan efisien dalam menyelesaikan sengketa, karena dapat menghindari biaya dan waktu yang dibutuhkan dalam proses hukum, serta mempertahankan hubungan yang baik antara pihak-pihak yang terlibat.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES (Ilmu Hukum) > 1801 Law and Islamic Law > 180123 Litigation, Adjudication and Dispute Resolution (Alternatif Penyelesaian Sengketa)
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: APRICILYA VANY LUCY YANTI
Date Deposited: 08 Jul 2024 07:39
Last Modified: 08 Jul 2024 07:39
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13362

Actions (login required)

View Item View Item