SYAFI’I, IMAM (2018) KREATIVITAS KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN IBADAH SISWA DI MTs AL HIDAYAH BEDALI NGANCAR KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932140414_PRA BAB.pdf Download (707kB) |
|
Text
932140414_BAB I.pdf Download (337kB) |
|
Text
932140414_BAB II.pdf Download (490kB) |
|
Text
932140414_BAB III.pdf Download (352kB) |
|
Text
932140414_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (429kB) |
|
Text
932140414_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) |
|
Text
932140414_BAB VI.pdf Download (299kB) |
|
Text
932140414_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (892kB) |
Abstract
Kata Kunci: Strategi, Kepala Madrasah, Ibadah Penelitian ini berlatar belakang bahwa dalam pendidikan memiliki peran yang sangat strategis, karena pendidikan menentukan kualitas sumberdaya manusia (SDM). Peran strategis pendidikan tersebut melibatkan tenaga kependidikan. Tenaga kependidikan mempunyai peran dalam pembentukan pengetahuan, keterampilan, dan karakter peserta didik. Oleh karena itu, tenaga kependidikan yang professional akan melaksanakan tugasnya secara professional, sehingga menghasilkan kualitas peserta didik yang bermutu. Keberhasilan untuk mewujudkan tujuan-tujuan tersebut harus diperankan pemimpin lembaga pendidikan Islam diantaranya adalah kepala madrasah mempunyai peran yang sangat penting dalam mengkoordinir, menggerakkan dan menselaraskan sumberdaya yang tersedia, manajemen kepala madrasah merupakan salah satu faktor yang dapat mendorong madrasah untuk mewujudkan visi, misi, tujuan sasaran melalui program madrasah yang dilaksanakan terencana dan bertahap. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yaitu metode yang mendeskripsikan perilaku orang, tempat, atau peristiwa tertentu secara rinci dan mendalam. Adapun analisis data yang dilakukan oleh peneliti dalam penelitian ini meliputi: reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Dalam rangka memperoleh kesimpulan yang tepat dan objektif peneliti menggunakan dua teknik yaitu 1. triangulasi, triangulasi yang digunakan peneliti dalam penelitian ini ada dua macam, yaitu triangulasi teknik dan sumber 2. Ketekunan pengamatan. Dan pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, pengamatan, dan dokumentasi. Dari penelitian ini dapatdisimpulakan bahwa: 1. Strategi kepala madrasah dalam meningkatkan ibadah siswa di MTs Al Hidayah meliputi membuat perencanaan program kegiatan dalam meningkatakan ibadah siswa, koordinasi kegiatan meningkatakan ibadah siswa, pelaksanaan kegiatan meningkatkan ibadah siswa, dan evaluasi kegiatan dalam meningkatkan ibadah siswa. 2. Dampak strategi kepala madrasah dalam meningkatkan ibadah siswa di MTs Al Hidayah (a) Meningkatkan ibadah siswa murid yang awalnya tidak pernah melakukan kegiatan keagamaan seperti sholat dhuha berjamaah, sholat dhuhur berjamaah, istighosah, dan infaq lama kelamaan akan menjadi terbiasa (b) Perubahan sikap yang dialami peserta didik cukup signifikan, karena mereka lebih taat beribadah, disiplin, dan hormat kepada orang tua.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Yudi Sumarsono |
Date Deposited: | 03 Aug 2020 04:44 |
Last Modified: | 03 Aug 2020 04:44 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1331 |
Actions (login required)
View Item |