Keberhasilan Penerapan Terapi Okupasi Pada Siswa Autis Di Sdit Bina Insani Kabupaten Kediri

Surur, Ahmad Nur Badrus (2024) Keberhasilan Penerapan Terapi Okupasi Pada Siswa Autis Di Sdit Bina Insani Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933414518_prabab.pdf

Download (867kB)
[img] Text
933414518_bab1.pdf

Download (481kB)
[img] Text
933414518_bab2.pdf

Download (379kB)
[img] Text
933414518_bab3.pdf

Download (377kB)
[img] Text
933414518_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB)
[img] Text
933414518_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[img] Text
933414518_bab6.pdf

Download (150kB)
[img] Text
933414518_daftar_pustaka.pdf

Download (231kB)
[img] Text
Form Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (202kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran terapi okupasi yang dilakukan oleh shadow teacher dan keberhasilan dalam meningkatkan aspek-aspek yang menjadi hambatan pada siswa autis.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Terdapat tiga teknik dalam pengumpulan data yaitu (1) observasi (2) wawancara (3) dokumentasi. Sedangkan analisis data melalui tiga tahap (1) reduksi data (2) penyajian data (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gambaran penerapan terapi okupasi pada siswa autis di SDIT Bina Insani Kweden Kabupaten Kediri mempunyai 8 tahap terapi sebagaimana teori chia dan lynn (namun ada dua tahapan yang dijadikan satu karena mengikuti hasil observasi di lapangan). Meliputi : (1) Asesmen (2) Penilaian (3) Pembentukan hubungan(4) penetapan tujuan(5) pemilihan aktivitas dan penerapan terapi(6) dukungan dari lingkungan sekitar (7) pelaksanaan terapi individu dan terapi kelompok (8) evaluasi Berdasarkan tahap-tahap terapi okupasi yang dilaksanakan di SDIT Bina Insani, hasilnya siswa autis dapat mengikuti tahap-tahap terapi okupasi dengan baik, mereka menunjukkan perubahan yang sangat baik dalam mengikuti penerapan terapi okupasi dalam bentuk aktivitas kemampuan motorik, kemampuan mengurus diri, keselamatan diri atau mengenal bahaya sekitar, orientasi lingkungan disekitar anak dan adaptasi sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170106 Health, Clinical and Counselling Psychology
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam
Depositing User: AHMAD NUR BADRUS SURUR
Date Deposited: 02 Jul 2024 07:42
Last Modified: 02 Jul 2024 07:42
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13302

Actions (login required)

View Item View Item