Peran Guru PAI Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas VII Program Tahfidz Dan Reguler Di Mts Negeri 6 Nganjuk

Istiantoro, Nur Afifah Rahma (2024) Peran Guru PAI Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas VII Program Tahfidz Dan Reguler Di Mts Negeri 6 Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20201075_prabab.pdf

Download (495kB)
[img] Text
20201075_bab1.pdf

Download (256kB)
[img] Text
20201075_bab2.pdf

Download (287kB)
[img] Text
20201075_bab3.pdf

Download (271kB)
[img] Text
20201075_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB) | Request a copy
[img] Text
20201075_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text
20201075_bab6.pdf

Download (190kB)
[img] Text
20202075_daftarpustaka.pdf

Download (191kB)
[img] Text
20201075_lembar persetujuan publikasi.pdf

Download (113kB)

Abstract

Kata kunci : Kesulitan Belajar, Peran Guru, Program Tahfidz, Program Reguler Kesulitan belajar adalah kondisi dimana siswa tidak dapat belajar sebagaimana mestinya. Dalam proses belajar guru juga memegang peranan pentingnya, yakni sebagai fasilitator, oleh karenanya guru dalam menghadapi kesulitan belajar siswa nya diperlukan adanya analisis agar menemukan solusi yang tepat untuk memecahkan permasalahan kesulitan belajar. Di MTs N 6 Nganjuk terdapat pembagian kelas yakni kelas dengan program tahfidz, dan kelas program reguler, dengan adanya perbedaan program kelas tersebut, peneliti tertarik melakukan penelitian terkait kesulitan belajar mereka. Fokus penelitian ini adalah : Untuk mendeskripsikan kesulitan belajar yang dialami siswa kelas VII program tahfidz dan reguler, Memahami proses analisis yang dilakukan guru PAI dalam merumuskan kesulitan belajar siswa kelas VII program tahfidz dan reguler, serta Menjelaskan peran guru PAI dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas VII program tahfidz dan reguler. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Dengan diperoleh data dari guru PAI kelas VII. Kemudian dilanjutkan dengan pengumpulan data dengan menggunakan metode berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan uji keabsahan data penelitian ini menggunakan uji kredibilitas berupa peningkatan ketekunan dan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini adalah : 1) Kesulitan Belajar Siswa Kelas VII Program Tahfidz: Prokrastinasi akademik, Gangguan perilaku, Kesulitan konsentrasi, Kesulitan mengatur waktu. Sedangkan pada Program Reguler, terjasi kesulitan belajar yang sama, yang membedakan di kelas reguler tidak mengalami kesulitan mengatur waktu. 2) Proses Analisis Guru PAI pada Siswa Tahfidz: Observasi kelas, pemeriksaan penglihatan dan pendengaran, wawancara dengan orang tua. Sedangkan pada siswa reguler guru melakukan hal yang sama, yang membedakan pada komunikasi dengan wali kelas untuk tindakan mewawancarai orang tua. 3) Peran Guru PAI dalam Mengatasi Kesulitan belajar pada program tahfidz: Pendekatan pribadi, pemberian motivasi yang diharapkan ada perubahan sikap. Sedangkan pada program Reguler, guru melakukan Perlakuan khusus, penggunaan LKPD, dan merekomendasikan kelas BTQ untuk siswa yang kesulitan membaca Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: NUR AFIFAH RAHMA ISTIANTORO
Date Deposited: 01 Jul 2024 07:31
Last Modified: 01 Jul 2024 07:36
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13280

Actions (login required)

View Item View Item