Pratiwi, Sheli Ameylia (2024) Pengembangan Media Lemari Pencernaan Manusia Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V SDN Ngronggo 5. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932604720_Prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932604720_bab1.pdf Download (425kB) |
|
Text
932604720_bab2.pdf Download (708kB) |
|
Text
932604720_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (759kB) |
|
Text
932604720_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932604720_bab5.pdf Download (275kB) |
|
Text
932604720_daftarpustaka.pdf Download (384kB) |
|
Text
932604720_lembarpersetujuanpublikasi.pdf Download (462kB) |
Abstract
Ilmu pengetahuan alam adalah sebuah ilmu yang mempelajari tentang segala yang berada di alam semesta dan isinya baik berupa peristiwa, fenomena alam ataupun objek-objek yang berkaitan dengan alam. Pembelajaran ilmu pengetahuan didominasi dengan kegiatan pengamatan, jika peserta didik hanya membaca penjelasan di teks maka akan membuat suanana pembelajaran yang membosankan dan menyebabkan rendahnya minat belajar. Oleh karena itu perlu adanya media pembelajaran yang dapat diamati secara langsung oleh peserta didik. Pengembangan media lemari pencernaan manusia ini dimaksudkan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik pada materi sistem pencernaan manusia. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk (1) mengetahui prosedur pengembangan media lemari pencernaan manusia, (2) mengetahui kelayakan media lemari pencernaan manusia, dan (3) mengetahui minat belajar peserta didik setelah menggunakan media lemari pencernaan. Prosedur pengembangan media lemari pencernaan manusia ini mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu: 1) Analysis (analisis); 2) design (perencanaan), 3) development (pengembangan); 4) implementation (implementasi); 5) evaluation (evaluasi). Hasil validasi produk media lemari pencernaan manusia dari ahli media mendapatkan skor presentase 84,2% dengan kategori sangat layak. Hasil validasi ahli materi 1 mendapatkan presentase 84,2% dengan kategori sangat layak dan hasil ahli materi 2 mendapatkan presenatse 100% dengan kategori sangat layak. Hasil analisis data angket minat belajar menunjukkan Presentase minat belajar sebelum dan sesudah menggunakan media meningkat sebanyak 15%. Rata-rata presentase sebelum menggunakan media yaitu 59% dan setelah menggunakan media yaitu 74%.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Sheli Ameylia Pratiwi |
Date Deposited: | 01 Jul 2024 04:06 |
Last Modified: | 01 Jul 2024 04:06 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13277 |
Actions (login required)
View Item |