Latovania, Maria (2024) Pengembangan Media Wordwall Berbasis Game Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IV MI Miftahul Huda Ngreco Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
20206111_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
20206111_bab1.pdf Download (363kB) |
|
Text
20206111_bab2.pdf Download (410kB) |
|
Text
20206111_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (343kB) |
|
Text
20206111_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
20206111_bab5.pdf Download (272kB) |
|
Text
20206111_daftarpustaka.pdf Download (237kB) |
|
Text
Surat Persetujuan Publikasi.pdf Download (313kB) |
Abstract
Tujuan penelitian dan pengembangan ini yakni untuk mengembangkan media pembelajaran wordwall berbasis game yang efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas IV MI Miftahul Huda Ngreco. Hasil akhir produk yang dikembangkan yakni media wordwall dan video pengantar yang dengan mudah dapat diakses melalui google sites yang menarik. Tujuan dari pengembangan media ini adalah untuk menciptakan media yang valid dan efektif untuk meningkatkan minat siswa kelas IV MI Miftahul Huda Ngreco pada pembelajaran matematika materi kalimat matematika dan perhitungannya. Jenis penelitian yang digunakan yakni Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan yang dicetuskan oleh Alessi dan Trollip. Sebanyak 20 siswa kelas IV MI Miftahul Huda Ngreco dijadikan subjek penelitian ini. Dalam penelitian ini, angket, wawancara, dan observasi merupakan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis kuantitatif maupun kualitatif. Produk penelitian ini yaitu media pembelajaran wordwall berbasis game yang berisi materi kalimat matematika kelas IV. Setelah dilakukan validasi, mendapatkan rata-rata hasil validator ahli media sebesar 85,5% dengan kriteria sangat valid dan dari validator ahli materi sebesar 81,5%, maka hasil validasi produk media menghasilkan kriteria sangat baik. Selain itu, angket kelayakan media juga memperoleh skor 100% yang berarti media pembelajaran wordwall berbasis game juga dinilai sangat layak. Selain itu juga berfungsi untuk meningkatkan minat belajar siswa yang dibuktikan dengan nilai rata-rata yang meningkat dari 71,15 menjadi 80,95. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa media wordwall berbasis game ini sangat valid/layak dan efektif diterapkan sebagai media pembelajaran matematika siswa kelas VI MI Miftahul Huda Ngreco Kabupaten Kediri berdasarkan hasil validasi dan uji lapangan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | MARIA LATOVANIA |
Date Deposited: | 01 Jul 2024 07:10 |
Last Modified: | 01 Jul 2024 07:10 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13274 |
Actions (login required)
View Item |