Pengembangan Media Pembelajaran Papan Metrik Untuk Meningkatkan Keterampilan Berhitung Siswa Kelas II SDN Bangsal 1 Kota Kediri

Ardiansyah, Afi (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Papan Metrik Untuk Meningkatkan Keterampilan Berhitung Siswa Kelas II SDN Bangsal 1 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932612420_PRABAB.pdf

Download (384kB)
[img] Text
932612420_BAB1.pdf

Download (269kB)
[img] Text
932612420_BAB2.pdf

Download (247kB)
[img] Text
932612420_BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[img] Text
932612420_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932612420_BAB5.pdf

Download (67kB)
[img] Text
932612420_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (139kB)
[img] Text
932612420_Lembar Persetujuan Publikasi.pdf

Download (120kB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini dilatar belakangi oleh belum adanya media pembelajaran yang diterapkan di SDN Bangsal 1 Kota Kediri berdasarkan wawancara dengan wali kelas II. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah (1) Untuk mengembangkan media papan metrik untuk meningkatkan keterampilan berhitung siswa, (2) Untuk mengetahui kelayakan/validitas media papan metrik untuk meningkatkan keterampilan berhitung, (3) Untuk mengetahui efektivitas pengembangan media papan metrik untuk meningkatkan keterampilan berhitung siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R & D) model Lee & Owen. Instrument pada penelitian ini menggunakan angket dan pemberian lembar pre-test dan post-test serta angket yang ditujukan kepada 2 validator ahli materi dan 2 validator ahli media dan subyek uji coba sejumlah 25 peserta didik kelas II di SDN Bangsal 1 Kota Kediri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Berdasarkan Observasi yang telah dilakukan pengembangan dilakukan dengan 5 tahapan yaitu : Penilaian dan Analisis Kebutuhan (Assesment and Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation), (2) Hasil validasi 2 validator ahli materi memperoleh skor presentase 94,4% kriteria “Sangat Layak” dan hasil validasi 2 ahli media memperoleh skor presentase 81,25% kriteria “Sangat Layak”,, (3) Hasil nilai N-Gain 0,6 kategori “sedang” presentase skor 60% kategori “Cukup Efektif”. Dengan demikian media pembelajaran papan metrik cukup efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran matematika materi penjumlahan dan penguran bilangan cacah sampai 100.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0101 Pure Mathematics (Matematika Murni) > 010101 Algebra and Number Theory (Aljabar dan Teori Bilangan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: AFI ARDIANSYAH
Date Deposited: 26 Jun 2024 04:15
Last Modified: 26 Jun 2024 04:15
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13205

Actions (login required)

View Item View Item