Pengembangan Modul Merdeka Untuk Meningkatkan Pemahaman Konseptual Peserta Didik Dalam Pembelajaran Matematika Pecahan Kelas IV SD IT Nurul Huda Kediri

SA’DIYAH, AL QORIATUS (2024) Pengembangan Modul Merdeka Untuk Meningkatkan Pemahaman Konseptual Peserta Didik Dalam Pembelajaran Matematika Pecahan Kelas IV SD IT Nurul Huda Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20206066_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20206066_bab1.pdf

Download (414kB)
[img] Text
20206066_bab2.pdf

Download (636kB)
[img] Text
20206066_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (968kB)
[img] Text
20206066_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (888kB)
[img] Text
20206066_bab5.pdf

Download (342kB)
[img] Text
20206066_daftarpustaka.pdf

Download (457kB)
[img] Text
20206066_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Al Qoriatus Sa‟diyah, 2024. Pengembangan Modul Merdeka Untuk Meningkatkan Pemahaman Konseptual Peserta Didik Dalam Pembelajaran Matematika Pecahan Kelas IV SD IT Nurul Huda Kediri, Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah , Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri. Pembimbing (1) Dr. Muhammad Ilman Nafi‟an, M.Pd, dan (2) Tutik Dinur Rofiah, S.Pd.I. M. Pd. Kata Kunci : Modul Pembelajaran, Pemahaman Konseptual Modul pembelajaran merupakan satu satuan bahan ajar yang disusun secara sistematis dan lengkap sehingga dapat dipelajari oleh peserta didik secara mandiri, buku dibuat semenarik mungkin disertai dengan tema gambar. Tetapi masih sedikit modul yang disusun oleh guru kelas sehingga penelitian bertujuan mengatasi masalah dengan mengembangkan modul. Analisis masalah yang dilakukan peneliti menunjukkan bahwa modul masih jarang diterapkan sehingga mengakibatkan peserta didik cepat bosan karena jarang ada sumber lain saat pembelajaran hingga akhirnya mengakibatkan minimnya pemahaman belajar peserta didik. Sehingga penelitian ini bertujuan mengatasi masalah mengembangkan modul kurikulum merdeka untuk meningkatkan pemahaman peserta didik dan mengidentifikasi kelayakan modul yang dikembangkan untuk meningkatkan pemahaman siswa. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk 1) mengetahui prosedur pengembangan modul 2) mengetahui kelayakan atau kevalidan modul pembelajaran 3) meningkatan pemahaman peserta didik dalam menggunakan modul pembelajaran. Prosedur pengembangan modul pembelajaran ini mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu 1) Analisis 2) Perencanaan 3) Pengembangan 4) Implementasi, 5) Evaluasi. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut, validasi produk media modul pecahan dari ahli madia 1 mendapat skor presentase 84% dengan kategori sangat layak. Hasil validasi ahli media 2 mendapatkan presentase 79% dengan kategori layak. Hasil validasi materi 1 mendapatkan presentase 92,5% dan hasil validasi ahli materi 2 mendapatkan presentase 76% layak. Hasil analisis data pretest posttest menunjukkan presentase pemahaman sebelum dan sesudah penggunan media mengalami peningkatan yaitu dari kategori indeks gain tinggi terdapat 3 peserta didik (11%) , untuk kategori indeks gain sedang terdapat 17 peserta didik (66%) dan pada kategori indeks gain rendah terdapat 6 peserta didik (23%).

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Al Qoriatus Sadiyah
Date Deposited: 26 Jun 2024 06:47
Last Modified: 26 Jun 2024 06:47
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13204

Actions (login required)

View Item View Item