DAMPAK IMPLEMENTASI METODE UMMI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN (STUDI PERBANDINGAN METODE UMMI DI TPQ FATHUL ULUM NGADILUWIH KABUPATEN KEDIRI DAN TPQ AS SA’ADAH BANJARAN KOTA KEDIRI)

NURHABIBAH, BETY (2018) DAMPAK IMPLEMENTASI METODE UMMI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN (STUDI PERBANDINGAN METODE UMMI DI TPQ FATHUL ULUM NGADILUWIH KABUPATEN KEDIRI DAN TPQ AS SA’ADAH BANJARAN KOTA KEDIRI). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932132814_PRA BAB.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932132814_BAB I.pdf

Download (435kB)
[img] Text
932132814_BAB II.pdf

Download (357kB)
[img] Text
932132814_BAB III.pdf

Download (376kB)
[img] Text
932132814_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (740kB)
[img] Text
932132814_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB)
[img] Text
932132814_BAB VI.pdf

Download (117kB)
[img] Text
932132814_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci: Metode Ummi, Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Skripsi ini membahas tentang Studi Perbandingan penerapan Metode Ummi di TPQ Fathul Ulum Ngadiluwih Kabupaten Kediri Dan TPQ As Sa’adah Banjaran Kota Kediri. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan (1) Bagaimana implementasi metode Ummi antara TPQ Fathul Ulum Ngadiluwih Kabupaten Kediri dan TPQ As Sa’adah Banjaran Kota Kediri ? (3) Bagaimana dampak implementasi metode Ummi antara TPQ Fathul Ulum Ngadiluwih Kabupaten Kediri dan TPQ As Sa’adah Banjaran Kota Kediri ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif dan komparatif. Sedangkan untuk mendapatkan data penulis menggunkan metode dokumentasi, observasi, wawancara. Setelah itu menganalisis dengan teknik deskriptif dan komparatif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode Ummi sebagai metode pembelajaran al-Qur’an di TPQ Fathul Ulum Ngadiluwih Kabupaten Kediri hasilnya lebih memuaskan dari pada TPQ As Sa’adah Banjaran Kota Kediri. Hal itu karena pelaksnaan pembelajaran yang lebih disiplin dari Ustadz/Ustadzah dan koordinasi yang baik di TPQ Fathul Ulum sehingga penyampaiannya lebih maksimal. Prinsip pembelajaran di TPQ As Sa’adah sangatlah baik, namun kurang disiplinnya Ustadz/Ustadzah dalam mengajar menyebabkan ketidakmaksimalan dalam pelaksanaan pembelajaran. Adapun saran penulis hendaknya bagi Ustadz/Ustadzah hendaklah semakin meningkatkan kreatifitasnya untuk menumbuhkan minat dan kemampuan dalam mengajar al-Qur’an pada santri TPQ. Bagi wali murid atau masyarakat agar turut memantau prestasi dan kegiatan putra-putrinya serta turut membimbing mereka agar s ukses dalam belajar membaca al-Qur’an sesuai dengan tujuan yang diharapkan serta dapat mengamalkan kepada orang lain yang belum bisa membaca al-Qur’an dengan baik dan benar.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021408 Maharat al-Qira'ah (Reading Skill)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yudi Sumarsono
Date Deposited: 29 Jul 2020 02:36
Last Modified: 29 Jul 2020 02:36
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1320

Actions (login required)

View Item View Item