Jamiilah, Maryam (2024) Efektivitas Komunikasi Interpersonal Guru dan Murid Dalam Proses Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP Islam Terpadu Bina Insani Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
933503617_prabab.pdf Download (2MB) |
|
Text
933503617_bab1.pdf Download (1MB) |
|
Text
933503617_bab2.pdf Download (1MB) |
|
Text
933503617_bab3.pdf Download (1MB) |
|
Text
933503617_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
933503617_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
933503617_bab6.pdf Download (1MB) |
|
Text
933503617_daftar pustaka.pdf Download (1MB) |
|
Text
933503617_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
933503617_PernyataanPersetujuanPublikasi.pdf Download (111kB) |
Abstract
Berlangsungnya efektivitas komunikasi interpersonal merupakan keberhasilan bagi manusia dalam komunikasi yang dapat membuka serta menjalin komunikasi atau hubungan antara guru dan murid. Saat ini kegiatan pembelajaran daring atau Study From Home adalah salah satu solusi untuk menerapkan social distancing untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di SMPIT Bina Insani Kota Kediri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas komunikasi interpersonal selama pembelajaran daring dan untuk mengetahui faktor-faktor yang menghambat dan mendukung efektivitas komunikasi interpersonal selama pembelajaran daring di SMPIT Bina Insani Kota Kediri Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang mana penelitian ini bersifat sementara dan akan terus berkembang, teknik yang digunakan untuk menguji keabsahan data adalah triangulasi sumber. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa SMP Islam Terpadu Bina Insani Kota Kediri yang terdiri dari 18 informan yakni 3 orang guru dan 15 siswa. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan sepanjang dan saat pengumpulan data. Data yang dikumpulkan berbentuk kalimat dengan cara observasi mendalam, wawancara atau tanya jawab, dan studi analisis dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas komunikasi interpersonal dapat dikatakan belum optimal dikarenakan tidak selalu efektif untuk semua siswa. Namun, perhatian terhadap faktor-faktor seperti sikap guru terhadap siswa yang saling mendukung, berpikir positif, munculnya rasa empati dan konsep kesetaraan dapat meningkatkan efektivitas komunikasi interpersonal di SMPIT Bina Insani Kota Kediri. Faktor pendukung eksternal seperti ketersediaan jaringan internet dan platform pembelajaran daring yang baik juga memainkan peran penting. Keterbukaan guru dan siswa terhadap teknologi menjadi kunci dalam memaksimalkan potensi komunikasi interpersonal dalam pembelajaran daring di SMPIT Bina Insani Kota Kediri.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Maryam Jamilah Jamilah |
Date Deposited: | 20 Jun 2024 01:44 |
Last Modified: | 20 Jun 2024 01:44 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13140 |
Actions (login required)
View Item |