HUMAIDA, NINIK (2018) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA MELALUI PROGRAM PENGEMBANGAN DIRI DI MA SUNAN GUNUNG JATI GURAH. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932131714_PRA BAB.pdf Download (1MB) |
|
Text
932131714_BAB I.pdf Download (211kB) |
|
Text
932131714_BAB II.pdf Download (286kB) |
|
Text
932131714_BAB III.pdf Download (230kB) |
|
Text
932131714_BAB IV.pdf Download (300kB) |
|
Text
932131714_BAB V.pdf Download (259kB) |
|
Text
932131714_BAB VI.pdf Download (190kB) |
|
Text
932131714_LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kata Kunci: Nilai-nilai Pancasila, Program Pengembangan Diri Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi nilai-nilai Pancasila, pelaksanaan kegiatan pengembangan diri, serta faktor pendukung dan penghambat proses implementasi nilai-nilai Pancasila melalui program pengembangan diri di MA Sunan Gunung Jati Gurah. Penelitian yang dilakukan oleh penulis di MA Sunan Gunung Jati Gurah ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini dibagi menjadi dua, yaitu sumber yang tertulis dan sumber tidak tertulis(berupa kata-kata dan tindakan). Untuk teknik pengumpulan datanya peneliti menggunakan metode wawancara, metode observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data dilakukan melalui tiga langkah, yaitu mengolah dan mempersiapkan data, membaca keseluruhan data, dan menganalisis lebih detail dengan meng-coding data. Untuk memenuhi keabsahan data, peneliti menggunakan teknik perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi dan pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi nilai-nilai Pancasila melalui program pengembangan diri di MA Sunan Gunung Jati Gurah semakna dengan salah satu misi madrasah yaitu “Mempersiapkan Tenaga Siap Pakai Sebagai Generasi Penerus Yang Terampil, Mandiri, dan Berguna Bagi Agama, Nusa dan Bangsa”. Adapun nilai-nilai Pancasila yang diimplementasikan adalah nilai ketuhanan, nilai kemanusiaan, nilai persatuan, nilai kerakyatan dan nilai keadilan. Sedangkan pelaksanaannya terdapat beberapa tahapan yaitu, perencanaan program, pengorganisasian, penetapan kebijakan dan pengawasan. Adapula faktor pendukung diantaranya yaitu adanya sarana prasarana yang memadai serta materi yang disampaikan sudah bermuatan tentang nilai-nilai pancasila. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya kesadaran orang tua akan pentingnya manfaat kegiatan pengembangan diri, kondisi fisik peserta yang mulai lelah dan semangat yang mulai menurun sehingga tidak memungkinkan untuk mengikuti kegiatan pengembangan diri.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Yudi Sumarsono |
Date Deposited: | 27 Jul 2020 04:48 |
Last Modified: | 27 Jul 2020 04:48 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1314 |
Actions (login required)
View Item |