Kreatifitas Guru Dalam Pemberian Tugas Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII Di Mts Miftahul Huda Silir Wates

Shodiq, Moh El Fajar (2023) Kreatifitas Guru Dalam Pemberian Tugas Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII Di Mts Miftahul Huda Silir Wates. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932132618_prabab.pdf

Download (3MB)
[img] Text
932132618_bab1.pdf

Download (428kB)
[img] Text
932132618_bab2.pdf

Download (338kB)
[img] Text
932132618_bab3.pdf

Download (147kB)
[img] Text
932132618_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[img] Text
932132618_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43kB)
[img] Text
932132618_bab6.pdf

Download (11kB)
[img] Text
932132618_daftar_pustaka.pdf

Download (228kB)

Abstract

MOH. EL FAJAR SHODIQ, Dosen Pembimbing Dr. Untung Khoiruddin, M.Pd.I dan Surahmat, M.Hum, Kreatifitas Guru Dalam Penugasan Mata Pelajaran Fiqih di MTs Miftahul Huda Silir Wates Kediri, Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2023. Kata kunci : Kreatifitas, Guru, Penugasan, Mata Pelajaran Fiqh. Skripsi ini merupakan sebuah karya ilmiah yang membahas mengenai penerapan kreativitas guru dalam penugasan mata pelajaran fikih di MTs Miftahul Huda Silir dan apa saja faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab berbagai pertanyaan bagaimana penerapan kreativitas guru dalam penugasan mata pelajaran fikih di MTs Miftahul Huda Silir dan bagaimana faktor pendukung dan penghambatpenerapan kreativitas guru dalam penugasan mata pelajaran fikih di MTs Miftahul Huda Silir. Jenis penelitian ini memakai pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilaksanakan oleh peneliti dengan pihak terkait seperti kepala sekolah, guru mata pelajaran fikih dan siswa MTsMiftahul Huda Silir. Peneliti melakukan pengecekan keabsahan data antara lain keikutsertaan peneliti, penentuan pengamatan dalam observasi dan triangulasi. Tahap terakhir yakni tahap pra lapangan, tahap di lapangan, tahap analisa dan tahap penulisan laporan. Hasil penelitian ini meunjukkan bahwa (1) Penerapan kreativitas guru dalam penugasan mata pelajaran fikih di MTsMiftahul Huda Silir yakni melalui cara memberikan tugas yang variatif, tugas diberikan secara bertahap atau tidak dalam satu waktu dengan tugas yang sangat banyak, memberikan tugas yang sesuai dengan materi yang diberikan di sekolah, memberikan tugas sesuai dengan kemampuan dan kapasitasnya para siswa, serta selalu menjelaskan petunjuk penyelesaian tugasnya. (2) Faktor pendukung kreativitas guru dalam penugasan mata pelajaran fikih di MTsMiftahul Huda Silir yakni adanya sarana dan juga prasarana sekolah yang tersedia, guru yang menjelaskan materi yang sesuai dengan kurikulum sekolah, memakai metode tanya jawab ketika KBM untuk mempermudah siswa mengerjakan tugas, guru memberikan tugas sesuai dengan materi yang diberikan di sekolah dan harus jelas tugasnya supaya mempermudah siswa. (3) Faktor penghambat penciptaan kreativitas pada penugasan mata pelajaran Fikih di MTs Miftahul Huda Silir yaitu tingkat pemahaman pada guru dalam mengembangkan kreativitas seperti media pembelajaran masih kurang dan rendahnya tingkat kesadaran dan minat siswa dalam belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: MOH EL FAJAR SHODIQ
Date Deposited: 24 Jun 2024 02:35
Last Modified: 24 Jun 2024 02:35
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13139

Actions (login required)

View Item View Item