Akhlak Murid Terhadap Guru Komparasi Kitab Ta'lim Muta'alim Dan Kitab Taysirul Kholaq

Rofi'i, Iqbal (2024) Akhlak Murid Terhadap Guru Komparasi Kitab Ta'lim Muta'alim Dan Kitab Taysirul Kholaq. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932106019_PraBab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932106019_Bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[img] Text
932106019_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[img] Text
932106019_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[img] Text
932106019_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB)
[img] Text
932106019_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text
932106019_Bab6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[img] Text
932106019_Daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text
iq Form Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (118kB)

Abstract

Ma'ruf Rozikin, Iqbal. 2023. Akhlak Murid Terhadap Guru Komparasi Dalam Kitab Ta’lim Muta’alim dan Kitab Tayairul Kholaq. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) kediri . Pembimbing Dr. H. Muniron M. Ag dan Muhammad Nabhani M. H Kata Kunci: Akhlak, Murid, Guru, Ta’lim Muta'alim, Taysirul kholaq Pendidikan merupakan wadah untuk mengembangkan potensi-potensi berbeda yang dimiliki setiap manusia. namun semakin berkembangnya zaman kini, banyak sekali terlihat kasus yang mencoreng dunia pendidikan kaitannya dengan permasalahan akhlak. Seperti kurangnya sopan santun kepada guru bahkan sampai pelanggaran yang dilakukan murid terhadap guru. Pendidikan akhlak penting ditanamkan sejak dini agar kelak dapat menjadi contoh untuk generasi selanjutnya. Selain itu, sarana untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat. Karena pentingnya pendidikan akhlak ini, peneliti tertarik untuk meneliti mengenai bagaima akhlak murid terhadap guru menurut kitab Ta’lim Muta’alim dan kitab Taysirul kholaq . Kedua kitab ini digunakan karena Kedua kitab ini ada di masa yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui akhlak murid terhadap guru dalam kitab Ta’lim Muta'alim karya Burhanuddin Az-Zarnuji, (2) mengetahui akhlak murid terhadap guru dalam kitab Taysirul kholaq karya Hafidz Hasan Al-Mas’udi, dan (3) mengetahui persamaan dan perbedaan akhlak murid terhadap guru dalam kitab kitab Ta’lim Muta'alim karya Burhanuddin Az-Zarnuji dan kitab Taysirul Kholaq karya Hafidz Hasan Al Mas’udi. Jenis penelitian ini adalah library research atau penelitian kajian pustaka dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa buku juga kitab Ta’lim Muta'alim dan Kitab Taysirul Kholaq. Data dikumpulkan dengan cara dokumentasi. Adapun analisis yang dilakukan menggunakan analisis isi (content analysis). Analisis dilakukan dari berbagai sumber yang diperoleh penulis sebagai acuan dalam pembuatan karya ilmiah ini. Hasil penelitian menunjukkan: (1) akhlak murid terhadap guru sebagaimana yang dimaksud dalam kitab Ta’lim Muta'alim yaitu perbuatan menghormati guru adalah tidak melintas di hadapannya, tidak menduduki tempat duduknya, tidak memulai berbicara kecuali atas Izinnya, tidak banyak berbicara ketika dihadapan guru, tidak menanyakan sesuatu yang membosankannya, hendaknya mengambil waktu yang tepat, jangan mengetuk pintu tetapi bersabarlah sampai beliau keluar, selalu mencari keridhoan guru, menghindari hal-hal yang membuatnya murka, melaksanakan perintahnya selama (2) akhlak muridd terhadap guru dalam kitab Taysirul Kholaq adalah hendaknya ia yakin bahwa kebaikan gurunya lebih besar dari kebaikan ibu bapaknya, karena sang guru mendidik rohaninya, sedangkan ibu bapaknya hanya peduli dengan kesehatannya, hendaknya ia bersikap tunduk ketika di hadapan gurunya, hendaknya ia duduk dengan tata krama dan mendengar baik�baik ketika gurunya mengajar, hendaknya ia tidak bergurau, hendaknya ia tidak memuji kelebihan guru lain dihadapannya, agar perasaan guru tidak tersinggung,

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021402 Taqwim al-Ta'lim (Teaching Evaluation)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Iqbal Ma'ruf Rozikin
Date Deposited: 07 Jun 2024 06:18
Last Modified: 07 Jun 2024 06:18
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13073

Actions (login required)

View Item View Item