SAIFUDDIN, MUHAMMAD FAHMI (2024) Strategi Coping Stress Pegawai Divisi Pelayanan (Studi Fenomenologi Pada Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Dhaha Kota Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
933418419_PRABAB.pdf Download (750kB) |
|
Text
933418419_BAB1.pdf Download (267kB) |
|
Text
933418419_BAB2.pdf Download (195kB) |
|
Text
933418419_BAB3.pdf Download (125kB) |
|
Text
933418419_BAB4.pdf Restricted to Registered users only Download (455kB) |
|
Text
933418419_BAB5.pdf Restricted to Registered users only Download (300kB) |
|
Text
933418419_BAB6&daftar pustaka.pdf Download (198kB) |
|
Text
933418419_LAMPIRAN_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
933418419_sp.pdf Download (208kB) |
Abstract
MUHAMMAD FAHMI SAIFUDDIN, Dosen pembimbing Dr. A. HALIL THAHIR, MHI. dan ARISA RAHMAWATI ZAKIYAH, M.Si. Strategi Coping Stress Pegawai Divisi Pelayanan (Studi Kasus pada Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Dhaha Kota Kediri), Program Studi Psikologi Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, IAIN Kediri, 2023. Kata Kunci : Coping Stress, Pegawai Divisi pelayanan adalah bagian atau unit dalam sebuah perusahaan atau organisasi yang bertanggung jawab untuk memberikan dukungan, layanan, dan bantuan kepada pelanggan.Tujuan utama dari divisi ini adalah untuk memastikan kepuasan pelanggan, memperbaiki pengalaman pelanggan, dan menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan. Ketika pegawai divisi pelayanan sedang bekerja, sering menemui situasi yang bisa menimbulkan stress, seperti tekanan dari pelanggan, tugas kerja yang banyak dan harus cepat diselesaikan, serta lingkungan kerja yang tidak kondusif, Jika stres pada diri pegawai tidak dapat ditangani secara efektif, hal ini dapat berdampak negatif pada kesehatan mental dan fisik pegawai, kualitas kinerja, serta hubungan dengan pelanggan. Faktor pemicu stres keempat subjek adalah stressor organisasi, stressor kelompok, stressor individu, dan stressor ekstraorganisasi. Stres bisa berdampak positif (eustress) dan negative (distress), tergantung bagaimana tiap individu menyikapi hal tersebut. Salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk meredakan atau menghilangkan stress adalah dengan coping stress. Coping terdiri dari dua jenis, yaitu emotion focused coping dan problem focused coping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi coping stress dan faktor yang mempengaruhi coping stress pegawai divisi pelayanan PDAM Tirta Dhaha Kota Kediri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis metode kualitatif studi kasus dengan empat subjek pegawai divisi pelayanan PDAM Tirta Dhaha Kota Kediri . Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket dan analisis significant other dengan pihak terdekat subjek. Hasil penelitian ini menunjukkan faktor pemicu stres keempat subjek adalah stressor organisasi, stressor kelompok, stressor individu, dan stressor ekstraorganisasi. Pada penggolongan jenis stres, subjek PAS, YDP dan LNA, stres ketika bekerja memberikan dampak positif, dikarenakan meningkatnya produktivitas dan kreativitas kerja serta meningkatnya motivasi dalam menghadapi tantangan ketika bekerja. Pada subjek YDH, stres ketika bekerja memberikan dampak negatif, karena mengganggu kemampuan subjek dalam menyelesaikan tugas kerjabentuk coping stress yang digunakan oleh pegawai divisi pelayanan PDAM Tirta Dhaha Kota Kediri ialah emotional focused coping dan problem focused coping. Subyek YDH menggunakan bentuk emotional focused coping dengan indikator self control, distancing, positive reappraisal, escape avoidance,, seeking social emotional support dan accepting responsibility. Sedangkan subyek LNA, PAS dan YDP menggunakan bentuk problem focused coping dengan indikator seeking social support, confrontive dan planful problem solving.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170107 Industrial and Organisational Psychology |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam |
Depositing User: | Muhammad Fahmi Saifuddin |
Date Deposited: | 05 Jun 2024 02:47 |
Last Modified: | 05 Jun 2024 02:48 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13054 |
Actions (login required)
View Item |