Penerapan Pembelajaran Ubudiyah dalam Membentuk Perilaku Islami Siswa di MTs Nidhomiyah Surowono

Abidah, Vina (2024) Penerapan Pembelajaran Ubudiyah dalam Membentuk Perilaku Islami Siswa di MTs Nidhomiyah Surowono. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932132019_Prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932132019_BAB I.pdf

Download (222kB)
[img] Text
932132019_BAB II.pdf

Download (291kB)
[img] Text
932132019_BAB III.pdf

Download (186kB)
[img] Text
932132019_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB)
[img] Text
932132019_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img] Text
932132019_BAB VI.pdf

Download (121kB)
[img] Text
932132019_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB)
[img] Text
932132019_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
932132019_Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (74kB)

Abstract

ABSTRAK Abidah, Vina. Dosen Pembimbing: Drs. Moh. Irfan Burhani, M.Psi. dan M. Royyan Nafis Fathul Wahab, M.Ag. Penerapan Pembelajaran Ubudiyah dalam Membentuk Perilaku Islami di MTs Nidhomiyah Surowono. Skripsi, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Kediri. 2023 Kata Kunci : Pembelajaran Ubudiyah, Perilaku Islami Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan materi, metode dan hasil penerapan pembelajaran ubudiyah dalam membentuk perilaku islami siswa di MTs Nidhomiyah Surowono. Hal ini dilatarbelakangi oleh kemajuan zaman yang telah mengubah tatanan norma di masyarakat menjadikan berkurangnya akhlak pada generasi bangsa khususnya pada anak remaja. Oleh karena itu, dibutuhkan bimbingan secara mendalam dalam membentuk perilaku islami. MTs Nidhomiyah merupakan madrasah yang berbasis keagamaan yang terdapat pembelajaran ubudiyah, siswa akan lebih memperdalam ilmu agama untuk diterapkan dan diamalkan di kehidupan sehari-hari dalam membentuk perilaku islami siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lokasi penelitian di Dsn. Surowono Ds. Canggu Kec. Badas Kediri. Sumber data diambil dari data primer wawancara kepada guru ubudiyah dan siswa serta data sekunder berupa dokumentasi dan observasi . Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa materi-materi ubudiyah mencakup aspek-aspek praktis, seperti rukun dan syarat sahnya sholat, bacaan-bacaan dalam sholat, doa-doa setelah sholat, amalan dzikir, dan doa-doa keseharian. Metode pembelajaran ubudiyah yang diterapkan di Mts Nidhomiyah mengutamakan hafalan dan membaca sebagai landasan utama. Siswa diharapkan untuk menghafal berbagai materi agama, termasuk doa, dzikir, surat-surat tertentu, dan tahlil. Tidak hanya terfokus pada hafalan, namun juga melibatkan berbagai metode lainnya seperti ceramah, demonstrasi, tanya jawab, dan pengulangan materi yang telah dihafalkan sebelumnya, pengulangan bersama-sama materi sebelumnya menciptakan peluang bagi siswa untuk memperkuat pemahaman mereka terhadap ajaran agama. Hasil dari pembelajaran ubudiyah memberikan dampak positif pada perilaku Islami siswa. Para siswa mengalami perubahan positif dalam ibadah mereka dan perilaku sehari-hari. Pengetahuan mereka mereka mengenai ilmu ubudiyah menjadi semakin luas, siswa memahami cara beribadah dengan baik sesuai ajaran Islam, seperti thaharah, dan memiliki pengetahuan tentang doa-doa sehari-hari Mereka menjadi lebih terbiasa untuk berdoa sehari-hari dan mendalami dzikir agar selalu mengingat Allah. Selain itu, Siswa bisa membaca Alquran dengan baik dan benar karena pembiasaan membaca tartil juz amma. Mereka juga memiliki adab yang baik ketika berbicara karena etika merupakan hal yang sangat penting dalam membentuk perilaku islami.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: VINA ABIDAH
Date Deposited: 31 May 2024 06:38
Last Modified: 31 May 2024 06:38
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/13029

Actions (login required)

View Item View Item