Efektivitas Media Story Telling Buku Cerita Berseri Braille Dalam Kelancaran Berkomunikasi Penyandang Tunanetra Di SDLB Kabupaten Kediri

Safitri, Nur Aini Dewi (2024) Efektivitas Media Story Telling Buku Cerita Berseri Braille Dalam Kelancaran Berkomunikasi Penyandang Tunanetra Di SDLB Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933503519_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
933503519_bab1.pdf

Download (558kB)
[img] Text
933503519_bab2.pdf

Download (386kB)
[img] Text
933503519_bab3.pdf

Download (340kB)
[img] Text
933503519_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB)
[img] Text
933503519_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[img] Text
933503519_bab6.pdf

Download (215kB)
[img] Text
933503519_daftarpustaka.pdf

Download (435kB)
[img] Text
933503519_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Dewi Safitri, Nur Aini. Dosen Pembimbing Citra Orwela, S.Fil, M.I.Kom, Qoidatul Marhumah, Lc. M. Th. I, Efektivitas Media Story Telling Buku Cerita Berseri Braile Dalam Kelancaran Berkomunikasi Penyandang Tunanetra di SDLB Kabupaten Kediri. Skripsi, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, IAIN Kediri 2023. Kata Kunci : Efektivitas, Media Story Telling, Tunanetra. SDLB yang terletak di Kabupaten Kediri tidak semuanya terdapat siswa tunanetra. Ada dua sekolah dengan siswa tunanetra yang masih bisa ditemukan. Dari masing-masing siswa juga memiliki cara yang berbeda dalam berinteraksi. Bangku sekolah akan menyenangkan ketika mereka bisa berinteraksi dengan kawannya. Mereka akan saling bertukar cerita satu sama lain. Dalam penelitian ini, para siswa tunanetra sangat menyukai sebuah cerita yang membahas tentang apa saja hal yang mereka lakukan setiap harinya. Menggunakan sebuah teori pendekatan interaksi membuat siswa lebih terbuka dalam memberikan sudut pandang mengenai cerita yang disajikan Penelitian dengan menggunakan jenis eksperimen akan dilakukan kepada siswa tunanetra sebagai sampel dengan pembagian dua kelas, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah One-Group Pretest-Posttest Design dengan mencari dan membandingkan nilai antara pretest dan postest yang dilakukan pada sampel. Kelas kontrol menjadi kelas yang dibebaskan atau tidka diberikan suatu perlakuan, berbeda dengan kelas eksperimen yang diberikan perlakuan. Perlakuan dalam penelitian ini adalah pemberian metode story telling buku cerita berseri dalam bentuk tulisan braille. Hasil dari penelitian ini adalah perbedaan nilai dari kelas postest dengan nilai 116 dan nilai dari kelas eksperimen adalah 188. Masing-masing siswa yang menjadi sampel memiliki respon yang berbeda-beda dalam konteks penelitin ini. beberapa hal yang memengaruhi mereka adalah dari segi usia dan tingkat kelas dalam bangku sekolah. Eksperimen yang dilakukan memberikan hasil bahwa nilai kelas eksperimen lebih tinggi dari nilai kelas kontrol. Terjadi perbedaan antara keduanya, dengan kesimpulan apabila nilai eksperimen lebih tinggi dari nilai kontrol maka metode yang digunakan dalam kelas eksperimen lebih efektif dibandingkan dengan tidak diberikannya metode dalam kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200199 Communication and Media Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: NUR AINI DEWI SAFITRI
Date Deposited: 04 Jun 2024 07:43
Last Modified: 04 Jun 2024 07:43
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12973

Actions (login required)

View Item View Item