Fadhilah, Alfi Nur (2023) Analisis Bonus Reward Pada Bisnis Multi Level Marketing Ditinjau Dari Ekonomi Islam (Studi Kasus Pada Team Jaya Bisnis MLM Multibeauty Wates). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
931311618_prabab.pdf Download (948kB) |
|
Text
931311618_bab1.pdf Download (827kB) |
|
Text
931311618_bab2.pdf Download (797kB) |
|
Text
931311618_bab3.pdf Download (554kB) |
|
Text
931311618_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (753kB) |
|
Text
931311618_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (675kB) |
|
Text
931311618_bab6.pdf Download (463kB) |
|
Text
Daftarpustaka.pdf Download (605kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
931311618_sp.pdf Download (52kB) |
Abstract
Dalam bisnis MLM, bonus reward atau akad ju'alah merupakan imbalan untuk mitra yang mencapai target penjualan. Penelitian ini mengevaluasi passive income dari downline pada team Jaya MLM Multibeauty dan kesesuaiannya dengan prinsip-prinsip ekonomi Islam. Analisis dilakukan terhadap penerapan bonus reward pada team Jaya MLM Multibeauty, termasuk akad ju’alah dan unsur passive income yang bertentangan dengan prinsip ekonomi Islam. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui praktik bonus reward dan analisis bonus reward pada bisnis MLM Multibeauty team Jaya Wates ditinjau dari ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Data primer diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data sekunder dari sumber seperti al-Quran, hadits, buku, dan jurnal. Keabsahan data diperiksa melalui triangulasi dan kehadiran peneliti di lapangan. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Tahapan penelitian mencakup pra lapangan, pekerjaan lapangan, analisis data, dan penyusunan laporan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah pertama, praktik bonus reward pada team Jaya MLM Multibeauty Wates sesuai dengan mekanisme kerja dan ciri-ciri umum MLM, yang memungkinkan anggota untuk meperoleh keuntungan dari penjualan produk dan membangun organisasi besar. Namun, ada ketidaktransparan dalam buku panduan dan informasi yang disediakan. Oleh karena itu, diperlukan panduan dan informasi yang lebih transparan dan komprehensif agar semua anggota memahami mekanisme kerja dan syarat-syarat bisnis MLM yang jelas. Kedua, terdapat permasalahan terkait bonus reward yang belum sepenuhnya sesuai dengan prinsip syariah yakni terkait poin yang diberikan kepada anggota, termasuk upline yang tidak aktif. Dr. Oni Sahroni, Lc., M.A. menekankan pekerjaan nyata dalam MLM. Menerima keuntungan tanpa pekerjaan nyata dan kontribusi yang jelas bisa dianggap sebagai transaksi yang tidak sah dalam konteks syariah. Maka seyogyanya harus ada kerja riil untuk mendapatkan bonus reward.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Alfi Nur Fadhilah |
Date Deposited: | 22 May 2024 04:30 |
Last Modified: | 22 May 2024 04:30 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12902 |
Actions (login required)
View Item |