Analisis Naratif Tzvetan Todorov Dalam Film Mencuri Raden Saleh

CHUSNA, NAILU ROIFATUL (2023) Analisis Naratif Tzvetan Todorov Dalam Film Mencuri Raden Saleh. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933503119_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
933503119_bab1.pdf

Download (596kB)
[img] Text
933503119_bab2.pdf

Download (352kB)
[img] Text
933503119_bab3.pdf

Download (340kB)
[img] Text
933503119_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (798kB)
[img] Text
933503119_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
933503119_bab6.pdf

Download (170kB)
[img] Text
933503119_daftarpustaka.pdf

Download (393kB)
[img] Text
933503119_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (555kB)

Abstract

Nailu Roifatul Chusna, Dosen Pembimbing Dr. Prilani, M.Si dan Hj. Citra Orwela, S.Fil, M.I.Kom, Analisis Naratif Tzvetan Todorov Dalam Film Mencuri Raden Saleh, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Kediri, 2023. Kata Kunci: Analisis Naratif Tzvetan Todorov, Film Mencuri Raden Saleh, Nilai Sosial Film merupakan salah satu alat komunikasi audio visual masih menjadi alat komunikasi massa yang efektif digunakan untuk menyampaikan sebuah pesan moral, hiburan dan ilmu tertentu yang sedikit banyaknya memberikan manfaat. Film Mencuri Raden Saleh merupakan salah satu film dengan genre heist (drama yang menceritakan perampokan) yang ada di Negara Indonesia. Film yang menceritakan tentang sekelompok remaja yang mempunyai misi dalam rangka untuk mencuri salah satu lukisan bersejarah yang menggambarkan penangkapan Pangeran Diponegoro oleh Belanda, lukisan karya dari Raden Saleh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana struktur alur naratif Tzvetan Todorov dalam film Mencuri Raden Saleh dan Nilai-nilai sosial yang ada didalam film. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan analisis naratif Tzvetan Todorov yang telah dimodifikasi oleh Nick Lacey dan Gillespie. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini berupa observasi dan dokumentasi. Menurut teori ini bahwa sebuah narasi mempunyai struktur awal hingga akhir. Hal tersebut dibagi menjadi Ekuilibrium/keseimbangan adalah keadaan masih cerita yang masih normal, ketertiban semua masih berjalan secara seimbang. Distruption/gangguan keadaan dimana munculnya tokoh yang merusak keharmonisan, keseimbangan dan keteraturan didalam cerita. Kesadaran terjadinya gangguan/distruption keadaan dimana konflik yang terjadi makin besar dan mulai berdampak pada semua pemain didalam cerita. Upaya memperbaiki gangguan adalah keadaan dimana mulai munculnya seorang pahlawan atau penolong untuk menyelesaikan konflik serta memperbaiki kondisi didalam cerita. Pemulihan menuju keseimbangan merupakan keadaan dimana babak kedua kekacauan berhasil diselesaikan sehingga keteraturan kembali terjadi. Hasil penelitian film Mencuri Raden Saleh ini berdasarkan pada teori dari Tzvetan Todorov yang dimodifikasi oleh Nick Lacey dan Gillespie didapatkan bahwa alur didalam film ini sudah sesuai dengan struktur naratif yang digagas oleh Todorov dengan mengkaji narasi pada film. Ide-ide keseimbangan juga menandai sebuah keadaan dalam cara tertentu, dan dalam keseimbangan tersebut ditemukan nilai-nilai sosial yang terbentuk dari macam-macam nilai, kontruksi sosial dan budaya dalam film tersebut, berupa 1) nilai kekeluargaan, 2) tidak adanya sikap toleransi terhadap antar generasi, 3) nilai kerja sama dengan individu maupun kelompok.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2099 Other Language, Communication and Culture > 209999 Language, Communication and Culture not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Nailu Roifatul Chusna
Date Deposited: 17 May 2024 06:27
Last Modified: 17 May 2024 06:27
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12843

Actions (login required)

View Item View Item