Efektivitas Strategi Komunikasi Dinas Perhubungan Kabupaten Kediri Dalam Meningkatkan Kesadaran Pengendara Melakukan Uji KIR

ARUMSARI, DINDA (2024) Efektivitas Strategi Komunikasi Dinas Perhubungan Kabupaten Kediri Dalam Meningkatkan Kesadaran Pengendara Melakukan Uji KIR. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933517319_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
933517319_bab1.pdf

Download (590kB)
[img] Text
933517319_bab2.pdf

Download (376kB)
[img] Text
933517319_bab3.pdf

Download (758kB)
[img] Text
933517319_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (767kB)
[img] Text
933517319_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)
[img] Text
933517319_bab6.pdf

Download (207kB)
[img] Text
933517319_daftarpustaka.pdf

Download (331kB)
[img] Text
933517319_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Dinda Arumsari, 2023. Dosen Pembimbing Dr. H. Ahmad Subakir, M.Ag dan Dr. Prima Ayu Rizqi Mahanani, M.Si. Efektivitas Strategi Komunikasi Dinas Perhubungan Kabupaten Kediri dalam Meningkatkan Kesadaran Pengendara Melakukan Uji KIR. Skripsi, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Institut Agama Islam Negeri Kediri. Kata Kunci: Efektivitas, Strategi Komunikasi, Kesadaran Pengendara, Uji KIR Strategi komunikasi merupakan perencanaan yang dilakukan suatu instansi dalam menyampaikan pesan. Penyampaian pesan tersebut melibatkan unsur-unsur komunikasi seperti isi dan saluran komunikasi. Strategi komunikasi sangat penting bagi Dinas Perhubungan Kabupaten Kediri dalam menunjang keberlangsungan pelaksanaan uji KIR. Perencanan yang dikomunikasikan dengan baik dapat menciptakan interaksi antara Dinas Perhubungan Kabupaten Kediri dan pengendara KIR. Hal itu dapat menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran pengendara Kabupaten Kediri untuk berpartisipasi penuh dalam pelaksanaan uji KIR. Strategi komunikasi yang efektif dan dinyatakan berhasil ketika dapat menimbulkan pengaruh atau efek positif. Berkaitan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan seberapa besar efektivitas strategi komunikasi Dinas Perhubungan Kabupaten Kediri dalam meningkatkan kesadaran pengendara melakukan uji KIR. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Sumber data diperoleh dari hasil kuesioner yang disebarkan kepada 100 pengendara yang melakukan uji KIR di Dinas Perhubungan Kabupaten Kediri. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel strategi komunikasi Dinas Perhubungan Kabupaten Kediri (X) dalam kategori sedang dan variabel kesadaran pengendara melakukan uji KIR (Y) dalam kategori sedang. Lalu, ada pengaruh positif dan signifikan antara variabel X terhadap variabel Y pada pengendara yang melakukan uji KIR di Dinas Perhubungan Kabupaten Kediri. Pengaruh atau keefektifannya sebanyak 71,2% sedangkan sisanya 28,8% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini seperti pelayanan publik, penyediaan fasilitas, dan administrasi. Penelitian ini menghasilkan indikator content (isi) dan channel (saluran) dalam variabel strategi komunikasi menjadi indikator yang dominan dalam memberikan kesadaran pengendara melakukan uji KIR. Hal ini menyatakan bahwa diskusi, ajakan dan media sosial Dinas Perhubungan Kabupaten Kediri dapat bermanfaat bagi pengendara. Pada variabel kesadaran, indikator pemahaman menjadi indikator yang dominan dalam tingkat kesadaran pengendara. Hal ini menyatakan bahwa pengendara sudah memahami dengan baik ketentuan dan pelanggaran dalam melaksanakan uji KIR.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2002 Cultural Studies > 200203 Consumption and Everyday Life
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Dinda Arumsari
Date Deposited: 17 May 2024 06:26
Last Modified: 17 May 2024 06:26
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12841

Actions (login required)

View Item View Item