Hubungan Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Perilaku Prososial Pada Siswa Kelas VIII SMPN 5 Kediri

Andarini, Riris Ayu (2024) Hubungan Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Perilaku Prososial Pada Siswa Kelas VIII SMPN 5 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933408519_prabab.pdf

Download (4MB)
[img] Text
933408519_bab1.pdf

Download (277kB)
[img] Text
933408519_bab2.pdf

Download (311kB)
[img] Text
933408519_bab3.pdf

Download (376kB)
[img] Text
933408519_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text
933408519_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img] Text
933408519_bab6.pdf

Download (258kB)
[img] Text
933408519_daftarpustaka.pdf

Download (235kB)

Abstract

Masa remaja adalah perkembangan dari masa anak-anak menuju dewasa yang ditandai dengan perkembangan identitas moral dan perilaku sosial. Remaja membutuhkan orang lain untuk menolong permasalahan yang dihadapinya dan bersedia menolong orang lain yang mengalami kesulitan atau disebut dengan perilaku prososial. Perilaku prososial dipengaruhi oleh keadaan lingkungan individu. Individu memiliki perilaku prososial yang baik jika memiliki dukungan sosial yang baik. Orang tua merupakan lingkungan terdekat remaja. Dukungan sosial orang tua diperlukan karena orang tua merupakan lingkungan terdekat individu. Akan tetapi fenomena di lapangan mengatakan hal berbeda, remaja merasa tidak ada waktu untuk menolong dan merasa hal tersebut bukanlah urusan mereka. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) mengetahui tingkat dukungan sosial orang tua pada siswa kelas VIII SMPN 5 Kediri (2) mengetahui tingkat perilaku prososial pada siswa kelas VIII SMPN 5 Kediri (3) mengetahui hubungan dukungan sosial orang tua terhadap perilaku prososial pada siswa kelas VIII SMPN 5 Kediri. Metode penelitian yang digunakan ialah kuantitatif dengan metode uji korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 5 Kediri sebanyak 315 siswa dan yang menjadi sampel penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 5 Kediri sebanyak 180 siswa yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner skala dukungan sosial orang tua yang disusun berdasarkan teori Sarafino dan skala perilaku prososial yang disusun berdasarkan teori Eisenberg dan Mussen. Teknik analisis data menggunakan pearson product moment dengan dengan bantuan SPSS versi 20.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tingkat dukungan sosial orang tua pada kategori tinggi dengan jumlah siswa 105 dan tingkat perilaku prososial pada kategori tinggi dengan jumlah siswa 125. Kemudian pada analisis korelasi hubungan dukungan sosial orang tua terhadap perilaku prososial pada siswa kelas VIII SMPN 5, menunjukkan hasil nilai koefisien korelasi sebesar 0,572 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara dukungan sosial orang tua terhadap perilaku prososial siswa kelas VIII SMPN 5 Kediri, dimana semakin tinggi dukungan sosial orang tua maka semakin tinggi pula perilaku prososial siswa. Begitupula sebaliknya, semakin rendah dukungan sosial orang tua maka semakin rendah perilaku prososial siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam
Depositing User: Riris Ayu Andarini
Date Deposited: 17 May 2024 03:40
Last Modified: 17 May 2024 03:51
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12828

Actions (login required)

View Item View Item