Strategi Marketing Mix Usaha Minuman Kesehatan dalam Mempertahankan Usaha Pasca Covid-19 Perspektif Marketing Syariah (Studi Kasus Usaha Minuman Sehat Yogawa Desa Sidomulyo Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri

Muna, Lutfia Fatichatul (2023) Strategi Marketing Mix Usaha Minuman Kesehatan dalam Mempertahankan Usaha Pasca Covid-19 Perspektif Marketing Syariah (Studi Kasus Usaha Minuman Sehat Yogawa Desa Sidomulyo Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931323518_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
931323518_bab1.pdf

Download (394kB)
[img] Text
931323518_bab2.pdf

Download (501kB)
[img] Text
931323518_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[img] Text
931323518_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB)
[img] Text
931323518_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB)
[img] Text
931323518_bab6.pdf

Download (159kB)
[img] Text
931323518_daftarpustaka.pdf

Download (237kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi Lutfia.pdf

Download (128kB)

Abstract

LUTFIA FATICHATUL MUNA, Dosen Pembimbing Dr. H. Ahmad Syakur, Lc., MEI dan Ulin Ni’mah Rodliya Ulfah, M.Pd. Strategi Marketing Mix Usaha Minuman Kesehatan Dalam Mempertahankan Usaha Pasca Covid-19 Perspektif Marketing Syariah (Studi Kasus Minuman Sehat Yogawa Desa Sidomulyo Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri), Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Kediri, 2023. Kata Kunci: Strategi Marketing Mix, Minuman Kesehatan, Mempertahankan Usaha, Marketing Syariah Dunia bisnis yang saat ini bersifat dinamis dan penuh dalam persaingan, perusahaan dituntut untuk menerapkan strategi yang tepat dimana pengetahuan marketing mix sangatlah diperlukan dalam upaya mempertahankan usaha produk yang dihasilkan. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu penjualan produk minuman sehat Yogawa pasca Covid-19 meningkat drastis. Maka tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisa bagaimana strategi marketing mix minuman kesehatan Yogawa dalam mempertahankan usaha pasca Covid-19 dan bagaimana strategi marketing mix minuman kesehatan Yogawa dalam mempertahankan usaha pasca Covid-19 dalam perspektif marketing syariah. Ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder. Data primer yaitu hasil wawancara dengan pemilik usaha, reseller, dan konsumen, sedangkan data sekunder dari hasil dokumentasi. Peneliti menganalisis data melalui tiga tahap yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Strategi marketing mix dalam mempertahankan usaha pasca Covid-19 pada minuman sehat Yogawa yaitu dari segi produk, selalu memberikan kualitas yang baik tanpa adanya tambahan bahan kimia apapun dan menambah varian produk dan bentuk kemasan yaitu produk kencur instan, produk tanpa gula, produk sari buah nanas dan sirsak serta kemasan kantong. Dari segi harga, minuman sehat Yogawa menetapkan harga yang terjangkau dengan menyesuaikan target pasar. Dari segi tempat/saluran distribusi pada minuman sehat Yogawa dapat dilakukan secara offline maupun online dan tersedia di beberapa swalayan / pusat oleh-oleh yang ada di Kediri. Dan dari segi promosi, dilakukan dengan mengikuti beberapa pameran di beberapa daerah dan memanfaatkan media sosial seperti whatsapp, instagram, facebook, dan tik tok sebagai media promosinya. Akan tetapi dalam pelaksanaannya belum dilakukan secara maksimal dan beberapa akun masih tercampur dengan akun pribadi. Sehingga belum mampu meningkatkan volume penjualan secara maksimal. 2) Strategi marketing mix minuman sehat Yogawa dalam mempertahankan usaha pasca Covid-19 perspektif marketing syariah secara keseluruhan sudah sesuai dengan karakteristik marketing syariah yang terdiri dari rabbaniyah, akhlaqiyyah, al-waqi’iyyah, dan al-insaniyyah.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1401 Economic Theory > 140105 Islamic Economic Theory (Dasar-dasar Teori Ekonomi Islam)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Lutfia Fatichatul Muna
Date Deposited: 20 May 2024 06:47
Last Modified: 20 May 2024 06:47
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12827

Actions (login required)

View Item View Item