Analisis Proses Berpikir Kreatif Siswa Ditinjau dari Kemampuan Representasi Matematis pada Masalah Realistik

Susanti, Filki Amalia (2024) Analisis Proses Berpikir Kreatif Siswa Ditinjau dari Kemampuan Representasi Matematis pada Masalah Realistik. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932301719_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932301719_bab1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932301719_bab2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932301719_bab3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932301719_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
932301719_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
932301719_bab6.pdf

Download (326kB)
[img] Text
932301719_daftar_pustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932301719_sp.pdf

Download (124kB)

Abstract

Salah satu tujuan dari pendidikan matematika adalah meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa, sehingga siswa mampu menyelesaikan permasalahan dari berbagai sudut pandang. Dalam proses berpikir kreatif antara siswa satu dan siswa lainnya tentunya berbeda-beda. Kemampuan representasi matematis adalah salah satu faktor yang mempengaruhi proses berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Siswa dengan kemampuan representasi matematisnya dapat merepresentasikan ide matematika sebagai alat untuk mencari solusi dari masalah matematika dengan beragam cara. Masalah realistik merupakan salah satu pendekatan yang dapat meningkatkan proses berpikir kreatif dan kemampuan representasi matematis. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana proses berpikir kreatif siswa ditinjau dari kemampuan representasi matematis pada masalah realistik. Penelitian ini merupakan penelitian deskripstif naratif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di MTs Mashlahiyah Krecek. Subjek penelitian ini adalah 32 siswa kelas VIII. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan wawancara. Instrumen tes dalam penelitian ini berupa tiga soal yang digunakan untuk mengukur kemampuan representasi matematis dan proses berpikir kreatif. Tahapan proses berpikir kreatif yang digunakan meliputi persiapan, inkubasi, iluminasi, dan verifikasi. Sedangkan jenis indikator kemampuan representasi matematis yaitu, representasi visual, ekspresi matematis, dan verbal. Setelah pemberian tes data direduksi dengan cara memilih satu subjek dari masing-masing tingkat kemampuan representasi matematis rendah, sedang, dan tinggi. Selanjutnya ketiga subjek diwawancari untuk mengetahui bagaimana proses berpikir kreatif mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0101 Pure Mathematics (Matematika Murni) > 010101 Algebra and Number Theory (Aljabar dan Teori Bilangan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Filki Amalia Susanti
Date Deposited: 15 May 2024 07:34
Last Modified: 15 May 2024 07:34
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12789

Actions (login required)

View Item View Item