Strategi Pemasaran Produk Tara Muda Dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Anggota Tabungan Dengan Sistem Jemput Bola (Pick Up Service) Pada KSPPS BMW Rahmah Jatim Kediri

Arifa, Audry Cindya Ayu (2023) Strategi Pemasaran Produk Tara Muda Dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Anggota Tabungan Dengan Sistem Jemput Bola (Pick Up Service) Pada KSPPS BMW Rahmah Jatim Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
934202419_prabab.pdf

Download (3MB)
[img] Text
934202419_Bab1.pdf

Download (470kB)
[img] Text
934202419_bab2.pdf

Download (338kB)
[img] Text
934202419_bab3.pdf

Download (339kB)
[img] Text
934202419_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB)
[img] Text
934202419_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[img] Text
934202419_bab6.pdf

Download (191kB)
[img] Text
934202419_daftarpustaka.pdf

Download (409kB)
[img] Text
934202419_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
934202419_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (140kB)

Abstract

Salah satu faktor penting dalam hal ini adalah pemasaran. Setiap lembaga keuangan perlu untuk mengembangkan strategi yang efektif untuk menarik perhatian masyarakat umum. Sama hal nya dengan KSPPS BMW Rahmah Jatim Kediri yang dalam pelaksanaannya mengeluarkan produk tabungan atau simpanan dan produk pembiayaan, dengan adanya perubahan zaman memberikan dampak pada perilaku masyarakat saat ini yang ingin menabung tetapi tidak sempat dikarenakan sibuk. Oleh karena itu KSPPS BMW Rahmah Jatim Kediri menerapkan sistem jemput bola (pick up service), yang dapat membantu anggota yang sibuk untuk tetap bisa menabung, sehingga terjadi peningkatan jumlah anggota. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran produk tara muda dan bagaimana dalam upaya meningkatkan jumlah anggota tabungan dengan sistem jemput bola (pick up service) pada KSPPS BMW Rahmah Jatim Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan datanya, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini adalah manager, bagian pemasaran, kasir, dan anggota dari KSPPS BMW Rahmah Jatim Kediri. Kemudian untuk pemeriksaan keabsahan datanya menggunakan teknik perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Setelah itu dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Pada penelitian ini dihasilkan temuan yaitu, dalam upaya peningkatan jumlah anggota produk tabungan tara muda di KSPPS BMW Rahmah Jatim Kediri menggunakan strategi pemasaran sistem jemput bola (pick up service), strategi tersebut memberikan kemudahan dalam bertransaksi tanpa harus datang ke kantor. Lembaga juga menggunakan pendekatan kekeluargaan dengan menerapkan aspek bauran pemasaran agar tercipta karakteristik jasa yang ditawarkan. Bauran pemasaran 7P: Product, Price, Promotion, Place, People, Process, dan Physical Evidence. Aspek tersebut telah dijalankan dengan baik dalam menarik anggota, ini terbukti dengan terjadinya peningkatan jumlah anggota tabungan tara muda yang menabung setelah sempat terjadi penurunan jumlah anggota di tahun 2019 ke tahun 2020 dikarenakan dampak dari pandemi covid-19. Strategi pemasaran tersebut sudah sesuai dan berhasil dalam upaya meningkatkan jumlah anggota tabungannya, namun disini mungkin terdapat beberapa aspek yang kurang juga terdapat kelebihannya.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Audry Cindya Ayu Arifa
Date Deposited: 17 May 2024 06:17
Last Modified: 17 May 2024 06:17
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12771

Actions (login required)

View Item View Item