Pemberdayaan Penyandang Disabilitas Melalui Kampung Inklusi Oleh Sekolah Luar Biasa (SLB) Dharma Putra Daha Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri

Agustin, Ika Rahmawati (2024) Pemberdayaan Penyandang Disabilitas Melalui Kampung Inklusi Oleh Sekolah Luar Biasa (SLB) Dharma Putra Daha Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933706019_prabab.pdf

Download (516kB)
[img] Text
933706019_bab1.pdf

Download (328kB)
[img] Text
933706019_bab2.pdf

Download (248kB)
[img] Text
933706019_bab3.pdf

Download (234kB)
[img] Text
933706019_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] Text
933706019_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text
933706019_bab6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[img] Text
933706019_daftarpustaka.pdf

Download (224kB)
[img] Text
933706019_sp.pdf

Download (112kB)

Abstract

Kata Kunci: Pemberdayaan, Penyandang Disabilitas, Kampung Inklusi Pemberdayaan merupakan upaya untuk meningkatkan keberfungsian sosial bagi kelompok rentan seperti penyandang disabilitas. Pemberdayaan yang sesuai untuk dikembangkan bagi penyandang disabilitas adalah yang berbasis komunitas dengan melibatkan berbagai pihak agar bisa berjalan efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh dalam penyusunan penelitian ini didapatkan melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan beberapa tahapan diantaranya pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan melakukan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan analisis teori struktural fungsional oleh Talcott Parsons. Hasil penelitian ini sebagai berikut: 1) Terbentuknya pemberdayaan penyandang disabilitas melalui kampung inklusi berawal dari SLB Dharma Putra Daha mengajak masyarakat untuk ikut serta dalam kegiatan pemberdayaan penyandang disabilitas melalui kampung inklusi agar para disabilitas bisa menunjukkan potensi yang dimiliki kepada masyarakat. Adanya kegiatan pemberdayaan tersebut bertujuan mengatasi permasalahan yang dihadapi penyandang disabilitas dengan mencapai kemandirian. Untuk mencapai keberhasilan yang ingin dicapai maka tetap terus melaksanakan kegiatan pemberdayaan yang selama ini diadakan pertemuan berkala dan mengikuti berbagai kegiatan untuk tetap mempertahankan program pemberdayaan ini. 2) Hasil yang diperoleh dari adanya kegiatan pemberdayaan dapat memberikan manfaat bagi para disabilitas yaitu dapat menambah pengetahuan, menumbuhkan rasa percaya diri dan menjadi mandiri.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability (Pendidikan Khusus dan Disabilitas)
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY (Studi Kemasyarakatan, incl : sosiologi) > 1608 Sociology > 160801 Applied Sociology, Program Evaluation and Social Impact Assessment
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Sosiologi Agama
Depositing User: IKA RAHMAWATI AGUSTIN
Date Deposited: 14 May 2024 04:32
Last Modified: 14 May 2024 04:32
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12739

Actions (login required)

View Item View Item