AZARI, ABDUL HAIRUL (2018) KINERJA KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI I KEDIR. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
_932122613_BAB II.pdf Download (199kB) |
|
Text
_932122613_BAB III.pdf Download (142kB) |
|
Text
_932122613_PRA BAB.pdf Download (2MB) |
|
Text
_932122613_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (568kB) |
|
Text
_932122613_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (166kB) |
|
Text
_932122613_BAB VI.pdf Download (86kB) |
|
Text
_932122613_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Kata Kunci: Kinerja Kepala Madrasah, Kedisiplinan Siswa Kepala madrasah merupakan ruh yang menjadi sumber gerak organisasi pendidikan untuk mencapai tujuan dan memikul tanggung jawab tugas yang tidak ringan dalam mengembangkan lembaga pendidikan dalam mencapai visi, misi dan tujuannya. Hal ini disebabkan baik buruknya suatu lembaga tidak lepas dari pengawasan kepala madrasah. Contohnya dalam meningkatkan kedisiplinan siswa, kepala madrasah penting perananya dengan menggunakan suatu kinerja untuk membina kepribadian siswa agar mempunyai kepribadian yang disiplin, tanggung jawab, bisa menjalankan tugas yang diberikan dan lain sebagainya. Kedisiplinan adalah suatu perubahan tingkah laku yang teratur dalam menjalankan tugas-tugasnya atau pekerjaannya, yang tidak melanggar sebuah aturan yang telah disepakati bersama karena sikap disiplin itu muncul pada diri sendiri untuk berbuat sesuai dengan keinginan untuk mencapai sebuah tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kedisiplinan siswa MTsN 1 Kota Kediri. Serta untuk mengetahui program-program yang digunakan Kepala Madrasah untuk meningkatkan kedisiplinan siswa. Juga untuk mengetahui usaha Kepala Madrasah dalam mengatasi problem peningkatan kedisiplinan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Datadata penelitian dikumpulkan dengan menggunakan analisis non statistik dengan cara menganalisis isi hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa bentuk kedisiplinan siswa MTsN 1 Kota Kediri, antara lain 1) Disiplin pribadi yang ditunjukkan dengan tertibnya siswa dalam melaksanakan sholat dhuha dan sholat dhuhur berjamaah 2) Disiplin Sosial ditunjukkan dengan adanya budaya salam pagi dimana siswa langsung berinteraksi sosial dengan guru dan Kepala Madrasah 3) Disiplin ilmu ditunjukkan dengan adanya tugas belajar aktif yang mengembangkan kemampuan siswa dalam bidang akademik atau keilmuan. Untuk mengimbangi kedisiplinan yang sudah terbentu, kepala Madrasah juga memiliki program yang bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan siswa, 1) Salam pagi, 2) Tadarus Al Qur’an 3) Sholat dhuha berjamaah 4) latihan Kader Kepemimpinan (LKK) 5) Sholat Dhuhur Berjamaah 6) Tugas Belajar Aktif Selain program diatas kinerja Kepala Madrasah untuk meningkatkan kedisiplinan siswa juga terlihat dari usahanya dalam mengatasi problem dalam peningkatan kedisiplinan siswa. Dimana kepala madrasah bekerja sama langsung dengan wali kelas berikut adalah tahapan penyelesaian problem yang digunakan kepala madrasah: 1)mengidentifikasi masalah 2) Analisis masalah 3) Pemecahan alternatif masalah 4) Monitoring 5) Memanfaatkan Feed back atau umpan balik.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Yudi Sumarsono |
Date Deposited: | 21 Jul 2020 04:20 |
Last Modified: | 21 Jul 2020 04:20 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1265 |
Actions (login required)
View Item |