Efektivitas Program Lima Hari Sekolah dalam Penguatan Karakter Siswa Kelas VIII di SMPN 1 Kediri

Azizi, Moh. Khasan (2019) Efektivitas Program Lima Hari Sekolah dalam Penguatan Karakter Siswa Kelas VIII di SMPN 1 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
pra 123.pdf

Download (564kB)
[img] Text
45.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[img] Text
6 dp.pdf

Download (267kB)

Abstract

Program Lima Hari Sekolah (LHS) dan gerakan penguatan karakter merupakan dua hal yang saat ini sedang gencar gencarnya dilakukan. Menurut Yulia Indahri, program Lima Hari Sekolah (LHS) dilakukan sebagai upaya dalam penguatan karakter siswa. Dengan semakin banyak sekolah pelaksana program LHS ini diharapkan penguatan karakter bisa semakin baik dan efektif. Akan tetapi, setelah dua tahun berjalan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) melaporkan jumlah kekerasan anak justru meningkat tajam. Terlebih, dari hasil penelusuran peneliti dari berbagai sumber, peneliti belum menemukan satupun hasil penelitian yang membahas besar efektivitas program Lima Hari Sekolah (LHS) dalam penguatan karakter. Oleh karenanya, menurut hemat peneliti penelitian terkait efektivitas program Lima Hari Sekolah (LHS) dalam penguatan karakter siswa sangat mendesak dan harus segera dilaksanakan sekarang ini. Sebagai penelitian yang mencoba menguji kembali atas teori/program yang saat ini telah/tengah berjalan, maka pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan metode eks post facto sebagai metode penelitian yang digunakan. Adapun teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah observasi, kuersener (angket), serta dokumentasi. Dimana data yang peroleh nantinya akan dianalisis melalui uji statistik deskriptif untuk mengetahui karakter dan pelaksanaan LHS, serta uji regresi untuk mengetahui besar efektivitas program LHS dalam upaya penguatan pendidikan karakter di SMPN 1 Kediri. Setelah melalui analisis data, maka diperoleh hasil penelitian bahwa (1). Secara umum karakter siswa kelas VIII dapat dikategorikan tinggi, hal ini dibuktikan pada kelima karakter yang ada semuanya merujuk pada kategori tinggi (2). Program Lima Hari Sekolah (LHS) di SMPN I Kediri sendiri dapat dikategorikan baik, dengan intrakurikuler kurang baik serta kokurikuler dan ekstrakurikuler dalam kategori baik. (3). Program Lima Hari Sekolah (LHS) memiliki efektivitas positif dan siginifikan dalam penguatan karakter siswa, dimana T hitung yang diperoleh 2,033 yang ternyata lebih besar dibandingkan dengan T tabel 0,05 ;190 sebesar 1,9725, dengan persamaan Y= 56,530 + 0,216 x .Adapun besar efektivitas termasuk dalam kategori sangat rendah dengan prosentase 2, 1%

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 08 May 2024 03:20
Last Modified: 08 May 2024 03:20
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12636

Actions (login required)

View Item View Item