PENERAPAN METODE SOROGAN DALAM PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI PONDOK PESSANTREN ROUDLOTUL BANAAT BANARAN TUNGLUR BADAS KEDIRI

WIDYAWATI, ERISTA (2018) PENERAPAN METODE SOROGAN DALAM PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI PONDOK PESSANTREN ROUDLOTUL BANAAT BANARAN TUNGLUR BADAS KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932122314_PRA BAB.pdf

Download (960kB)
[img] Text
932122314_BAB I.pdf

Download (190kB)
[img] Text
932122314_BAB II.pdf

Download (343kB)
[img] Text
932122314_BAB III.pdf

Download (201kB)
[img] Text
932122314_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB)
[img] Text
932122314_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img] Text
932122314_BAB VI.pdf

Download (128kB)
[img] Text
932122314_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci : Metode Sorogan, Kitab Kuning Materi dari kitab yang diajarkan bisa sampai kepada santri apabila disampaikan dengan metode yang baik dan efektif. Dari sekian banyak metode yang digunakan dalam pembelajaran di pondok pesantren terdapat metode sorogan. Metode ini dianggap paling intensif, karena dilakukan perseorangan, tujuan dirumuskan dengan jelas, ada kesempatan bertanya secara langsung walaupun waktunya terbatas (partisipasi aktif), posisi sentralnya kemampuan santri membaca kitab kuning. Sehingga mendorong peneliti untuk mengadakan penelitian yang berjudul “Penerapan Metode Sorogan Dalam Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Roudlotul Banaat Banaran Tunglur Badas Kediri”. Fokus Penelitian ini adalah 1) Bagaimana cara penerapan metode sorogan dalam pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Roudlotul Banaat Banaran Tunglur Badas Kediri? 2) Kendala apa saja yang dialami Pondok Pesantren Roudlotul Banaat dalam menerapkan metode sorogan untuk pembelajaran kitab kuning? 3) Bagaimana cara pondok pesantren Roudlotul Banaat Banaran Tunglur Badas Kediri? Sedangkan tujuan penelitian:1) Untuk mengetahui penerapan metode sorogan dalam pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Roudlotul Banaat. 2) Untuk mengetahui kendala dalam menerapkan metode sorogan yang dialami pondok pesantren Roudlotul Banaat. 3) Untuk mengetahui cara pondok pesantren Roudlotul Banaat mengatasi kendala menerapkan metode sorogan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian kualitatif deskriptif yang menghasilkan data deskriptif. Kehadiran peneliti sebagai instrumen kunci dan sebagai alat pengumpulan data. Sumber data diperoleh dari Pengasuh pondok, kepala pondok, ustad, ketua pondok, seksi pendidikan, santri. Prosedur pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunkan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Tahap-tahap penelitian melalui tahap sebelum ke lapangan, tahap pekerjaan lapangan, tahap analisis data, dan tahap penulisan laporan. Dalam penelitian ini dihasilkan tiga temuan: 1) Penerapan metode sorogan di pondok pesantren Roudlotul Banaat Banaran Tunglur Badas Kediri prosesnya dilaksanakan dalam satu pertemuan terdapat 2 kelompok kitab yang berbeda, ustad memanggil salah satu santri dari dari kelompok kitab untuk membacakan kitab sementara ustad mendengarkan dan membuat komentar. Apabila dalam membaca terjadi kesalahan teman satu kelompok meluruskan, setelah selesai membaca kitab kelompok kitab lain di beri waktu untuk bertanya dan menyanggah sesuai kitab yang telah dikaji, dibuat diskusi begitupun kelompok berikutnya.2) Kendala dalam penerapan metode sorogan: waktu lama mengkhatamkan kitab, kesulitan membaca Arab pegon. 3) Cara pondok pesantren mengatasi kendala: program evaluasi, diskusi, dan bimbingan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021499 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yudi Sumarsono
Date Deposited: 20 Jul 2020 02:38
Last Modified: 20 Jul 2020 02:38
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1261

Actions (login required)

View Item View Item