Manajemen Lembaga Pendidikan Non Formal Dalam Membentuk Karakter Santri Di Ma'had Asy Syakur Purwoasri

Al-AM, Shofi Shahifa Fadjaria (2023) Manajemen Lembaga Pendidikan Non Formal Dalam Membentuk Karakter Santri Di Ma'had Asy Syakur Purwoasri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932401019_prabab.pdf

Download (3MB)
[img] Text
932401019_bab1.pdf

Download (171kB)
[img] Text
932401019_bab2.pdf

Download (572kB)
[img] Text
932401019_bab3.pdf

Download (442kB)
[img] Text
932401019_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932401019_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB)
[img] Text
932401019_bab6.pdf

Download (337kB)
[img] Text
932401019_DaftarPustaka.pdf

Download (299kB)
[img] Text
932401019_Lembar%20Pernyataan%20Persetujuan%20Publikasi.pdf

Download (57kB)

Abstract

Manajemen lembaga pendidkan non formal merupakan usaha mengelola seluruh sumber daya yang terdapat di lembaga pendidikan non formal dalam rangka mencapai tujuan yang telah di tetapkan. Dalam hal ini manajemen memiliki peranan yang sangat penting bagi pembentukan karakter siswa, mengingat pengaruh atau efek global yang semakin sulit dibendung dan harapan masyarakat agar Ma'had tetap dapat menjadi benteng moral atau pembentukan karakter di tengah Krisis moral saat ini. Masalah dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana perencanaan pengorganisasian pelaksanaan dan juga pengawasan manajemen lembaga pendidikan non formal dalam membentuk karakter santri di Ma'had As-Syakur purwoasri Man 2 Kediri maka dari itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Perencanaan (2) Pengorganisasian (3) Pelaksanaan (4)Pengawasa di dalam manajemen lembaga pendidikan non formal dalam membentuk karakter santri di Ma'had As- Syakur. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, sumber data yang diperoleh berasal dari kepala madrasah, kepala Ma'had, pengasuh Ma'had, staf administrasi atau sekretaris Ma'had, dan juga santriwati Ma'had As-syakur. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara, teknik dokumentasi, dan juga teknik observasi. Untuk menganalisis data dilakukan dengan cara: 1)Reduksi data 2) Paparan data 3) Penarikan kesimpulan. Pengecakan keabsahan data dilakukan dengan cara menggunakan 2 teknik yaitu dengan teknik triangulasi dengan dua cara yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik dan member check yaitu dengan meminta kesepakatan informan Hasil dari penilitian ini menunjukan bahwa: (1) Perencanaan pendidikan karakter di ma’had as-syakur dalam membentuk karakter santri meliputi: (a) Perencanaan tujuan di didirikanya ma’had (b) Perencanaan pengelompokan teman kamar (c)Perencanaan sistem manajemen ma’had (d) Perencanaan pengembangan manajemen ma’had.(2) Pengorganisasian meliputi: (a) Organisasi ma’had as-syakur. (b)Tujuan organisasi ma’had. (c) Kegiatan organisasi ma’had. (d) Dampak positif organisasi ma’had. (3) Pelaksanaan pendidikan karakter dalam membentuk karakter santri meliputi : (a) Kurikulum dalam membentuk karakter santri. (b) Metode pembelajaran dalam membentuk karakter santri. (c) Media pembelajaran dalam membentuk karakter santri. (d)Pendidikan life skills. (4)pengawasan meliputi : (a)Pengawasan kegiatan. (b)Dampak pembentukan karakter (c) Efektifitas pembentukan karakter (d) Pemberian sanksi yang melanggar aturan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Shofi Shahifa Dadjaria Al'am
Date Deposited: 07 May 2024 03:21
Last Modified: 07 May 2024 03:21
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12609

Actions (login required)

View Item View Item