Pengaruh Motivasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee (Studi Pada Mahasiswa Ekonomi Syariah Iain Kediri Angkatan 2022)

Sari, Dwi Nofita (2023) Pengaruh Motivasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee (Studi Pada Mahasiswa Ekonomi Syariah Iain Kediri Angkatan 2022). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
934104419_prabab.pdf

Download (820kB)
[img] Text
934104419_bab1.pdf

Download (247kB)
[img] Text
934104419_bab2.pdf

Download (116kB)
[img] Text
934104419_bab3.pdf

Download (243kB)
[img] Text
934104419_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img] Text
934104419_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[img] Text
934104419_bab6.pdf

Download (73kB)
[img] Text
934104419_daftarpustaka.pdf

Download (112kB)
[img] Text
934104419_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
934104419_pernyataan_persetujuan_publikasi.pdf

Download (117kB)

Abstract

DWI NOFITA SARI. 2023. Pengaruh Motivasi Terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee (Studi Pada Mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Kediri Angkatan 2022). Skripsi, Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Kediri. Dosen Pembimbing I ARIF ZUNAIDI, SHI, MEI. dan Dosen Pembimbing II ULIN NI’MAH RODLIYA ULFAH, M.Pd. Kata Kunci : Motivasi, Keputusan Pembelian, Marketplace Shopee Pesatnya perkembangan teknologi berdampak pada banyak sisi kehidupan manusia, diantaranya dalam hal berbelanja. Belanja online saat ini sedang menjadi trend di kalangan masyarakat. Kegiatan belanja online lebih sering dilakukan oleh remaja dari kalangan anak muda atau mahasiswa. Hasil observasi menunjukkan bahwa mahasiswa Ekonomi Syariah angkatan 2022 paling banyak melakukan belanja online daripada angkatan yang lain dan mayoritas menggunakan marketplace shopee. Motivasi menjadi faktor utama dalam memutuskan pembelian secara online di marketplace shopee. Maka, penulis tertarik melakukan penelitian dengan tujuan: 1) untuk mengetahui motivasi mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Kediri angkatan 2022 dalam melakukan pembelian pada marketplace Shopee; 2) untuk mengetahui keputusan pembelian mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Kediri angkatan 2022 dalam kegiatan belanja online pada marketplace Shopee; dan 3) untuk mengetahui pengaruh motivasi terhadap keputusan pembelian mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Kediri angkatan 2022 pada marketplace shopee. Penelitan ini menggunakan metode kuantitatif, dengan instrumen penelitian berupa kuesioner. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Kediri angkatan 2022 yang menggunakan marketplace Shopee sebanyak 151 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 110 sampel. Alat ukur yang digunakan diantaranya uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis korelasi, uji regresi linier sederhana, uji parsial (t), dan uji koefisien determinasi (r2). Hasil penelitian menunjukkan: 1) berdasarkan 110 responden, sebanyak 85,5% atau 94 responden memiliki motivasi yang tinggi dalam melakukan belanja online pada marketplace shopee, 2) berdasarkan 110 responden, sebanyak 89 responden atau 80,9% termasuk dalam kategori baik saat melakukan keputusan pembelian pada marketplace shopee, 3) berdasarkan hasil pengujian korelasi (r) menunjukkan nilai sebesar 0,705, yang berarti tingkat korelasi antar variabel kuat. Hasil uji regresi linier sederhana diperoleh persamaan regresi Y = 19,310 + 0,699X yang berarti bahwa terdapat pengaruh positif antara motivasi terhadap keputusan pembelian. Uji t menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai thitung 7,836 > ttabel 1,982 yang berarti hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima sehingga motivasi berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Nilai koefisien determinasi (r2) adalah sebesar 0,497, maka pengaruh motivasi terhadap keputusan pembelian adalah sebesar 49,7% dan sisanya sebesar 50,3% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1401 Economic Theory > 140105 Islamic Economic Theory (Dasar-dasar Teori Ekonomi Islam)
14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Dwi Nofita Sari
Date Deposited: 08 May 2024 02:17
Last Modified: 08 May 2024 02:17
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12608

Actions (login required)

View Item View Item