Sari, Dwi Nofita (2023) Pengaruh Motivasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee (Studi Pada Mahasiswa Ekonomi Syariah Iain Kediri Angkatan 2022). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
934104419_prabab.pdf Download (820kB) |
|
Text
934104419_bab1.pdf Download (247kB) |
|
Text
934104419_bab2.pdf Download (116kB) |
|
Text
934104419_bab3.pdf Download (243kB) |
|
Text
934104419_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (302kB) |
|
Text
934104419_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (183kB) |
|
Text
934104419_bab6.pdf Download (73kB) |
|
Text
934104419_daftarpustaka.pdf Download (112kB) |
|
Text
934104419_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
934104419_pernyataan_persetujuan_publikasi.pdf Download (117kB) |
Abstract
DWI NOFITA SARI. 2023. Pengaruh Motivasi Terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee (Studi Pada Mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Kediri Angkatan 2022). Skripsi, Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Kediri. Dosen Pembimbing I ARIF ZUNAIDI, SHI, MEI. dan Dosen Pembimbing II ULIN NI’MAH RODLIYA ULFAH, M.Pd. Kata Kunci : Motivasi, Keputusan Pembelian, Marketplace Shopee Pesatnya perkembangan teknologi berdampak pada banyak sisi kehidupan manusia, diantaranya dalam hal berbelanja. Belanja online saat ini sedang menjadi trend di kalangan masyarakat. Kegiatan belanja online lebih sering dilakukan oleh remaja dari kalangan anak muda atau mahasiswa. Hasil observasi menunjukkan bahwa mahasiswa Ekonomi Syariah angkatan 2022 paling banyak melakukan belanja online daripada angkatan yang lain dan mayoritas menggunakan marketplace shopee. Motivasi menjadi faktor utama dalam memutuskan pembelian secara online di marketplace shopee. Maka, penulis tertarik melakukan penelitian dengan tujuan: 1) untuk mengetahui motivasi mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Kediri angkatan 2022 dalam melakukan pembelian pada marketplace Shopee; 2) untuk mengetahui keputusan pembelian mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Kediri angkatan 2022 dalam kegiatan belanja online pada marketplace Shopee; dan 3) untuk mengetahui pengaruh motivasi terhadap keputusan pembelian mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Kediri angkatan 2022 pada marketplace shopee. Penelitan ini menggunakan metode kuantitatif, dengan instrumen penelitian berupa kuesioner. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Kediri angkatan 2022 yang menggunakan marketplace Shopee sebanyak 151 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 110 sampel. Alat ukur yang digunakan diantaranya uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis korelasi, uji regresi linier sederhana, uji parsial (t), dan uji koefisien determinasi (r2). Hasil penelitian menunjukkan: 1) berdasarkan 110 responden, sebanyak 85,5% atau 94 responden memiliki motivasi yang tinggi dalam melakukan belanja online pada marketplace shopee, 2) berdasarkan 110 responden, sebanyak 89 responden atau 80,9% termasuk dalam kategori baik saat melakukan keputusan pembelian pada marketplace shopee, 3) berdasarkan hasil pengujian korelasi (r) menunjukkan nilai sebesar 0,705, yang berarti tingkat korelasi antar variabel kuat. Hasil uji regresi linier sederhana diperoleh persamaan regresi Y = 19,310 + 0,699X yang berarti bahwa terdapat pengaruh positif antara motivasi terhadap keputusan pembelian. Uji t menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai thitung 7,836 > ttabel 1,982 yang berarti hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima sehingga motivasi berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Nilai koefisien determinasi (r2) adalah sebesar 0,497, maka pengaruh motivasi terhadap keputusan pembelian adalah sebesar 49,7% dan sisanya sebesar 50,3% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
Actions (login required)
View Item |