Strategi Pengembangan Produk BMT UGT Nusantara Cabang Kota Kediri Dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing

Yuliani, Leviana Puji (2024) Strategi Pengembangan Produk BMT UGT Nusantara Cabang Kota Kediri Dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
934215319_PRABAB.pdf

Download (954kB)
[img] Text
934215319_BAB1.pdf

Download (405kB)
[img] Text
934215319_BAB2.pdf

Download (294kB)
[img] Text
934215319_BAB3.pdf

Download (249kB)
[img] Text
934215319_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB)
[img] Text
934215319_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[img] Text
934215319_BAB6.pdf

Download (99kB)
[img] Text
934215319_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (237kB)
[img] Text
934215319_LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI(1).pdf

Download (167kB)

Abstract

Seiring berjalannya waktu kini hadir Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) lembaga keuangan mikro syariah dengan produk pinjaman dan simpanan tanpa riba sesuai dengan ketentuan syariat Islam. Salah satunya BMT UGT Nusantara cabang Kota Kediri, BMT tersebut dikenal luas oleh masyarakat kediri dan memiliki produk yang unggul dan banyak diminati. Di Kota Kediri khususnya wilayah Pesantren terdapat beberapa BMT, Koperasi Syariah maupun BPRS yang marak dengan lokasi yang cukup berdekatan dan beberapa produk yang serupa antar lembaga. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul Strategi Pengembangan Produk BMT UGT Nusantara Cabang Kota Kediri dalam Meningkatkan Keunggulan Bersaing dengan fokus penelitian, Bagaimana Strategi Pengembangan Produk BMT UGT Nusantara Cabang Kota Kediri? dan Bagaimana Strategi Pengembangan Produk Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing BMT UGT Nusantara Cabang Kota Kediri? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pengembangan BMT UGT Nusantara Cabang Kota Kediri dalam meningkatkan keunggulan bersaing. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dimana pengumpulan datanya melalui wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, display data dan kesimpulan. Narasumber dalam penelitian ini adalah Manager, Staf dan anggota BMT UGT Nusantara cabang Kota Kediri.Hasil penelitian ini adalah 1) strategi pengembangan produk BMT UGT Nusantara berawal dari mengimitasi produk lembaga keuangan konvensional sebagai referensi yang kemudian diterapkan berdasarkan prinsip syariah. Kemudian, memodifikasi dan memvariasi produk yang sesuai kebutuhan masyarakat. Yang terakhir melihat kebutuhan masyarakat, kemudian mendesain produk tidak hanya simpanan, BMT UGT Nusantara hadir memberikan pembiayaan pada anggota. 2) Dalam meningkatkan keunggulan bersaing, Perkembangan teknologi di BMT UGT Nusantara sudah mumpuni dengan adanya teknologi elektronik dan didukung fasilitas mobile banking. Selain itu, pengembangan produk dalam meningkatkan keunggulan bersaing di BMT UGT Nusantara antara lain melalui karakteristik produk, kualitas produk dan strategi pemasaran. Produk yang paling berkembang dan memiliki daya saing yang unggul yaitu produk strategi imitasi, tabungan umum syariah dengan strategi pemasarannya yang mampu bersaing dengan BMT lain.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: LEVIANA PUJI YULIANI
Date Deposited: 06 May 2024 04:34
Last Modified: 06 May 2024 04:34
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12564

Actions (login required)

View Item View Item