Gaya Kepemimpinan KH. Hasyim Asy'ari Dalam Film Sang Kiai Dan Implikasinya Terhadap Keteladanan Siswa Di MA Al Amien

Alfiansah, Hendri Zuan (2024) Gaya Kepemimpinan KH. Hasyim Asy'ari Dalam Film Sang Kiai Dan Implikasinya Terhadap Keteladanan Siswa Di MA Al Amien. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932110119_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932110119_bab1.pdf

Download (700kB)
[img] Text
932110119_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (794kB)
[img] Text
932110119_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB)
[img] Text
932110119_bab4.pdf

Download (122kB)
[img] Text
932110119_daftarpustaka.pdf

Download (222kB)
[img] Text
932110119_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi(Hendri).pdf

Download (52kB)

Abstract

Gaya kepemimpinan adalah adalah perilaku pemimpin dalam proses pengambilan keputusan dan pemecahan masalah sesuai dengan gaya kepemimpinan seseorang. Dalam pandagan Islam kehadiran seorang pemimpin sangatlah penting. Dengan adanya pemimpin tujuan umat Islam menjadi jelas terarah. Oleh karena itu Islam mewajibkan kepada umatnya untuk memilih pemimpin. Gaya kepemimpinan KH. Hasyim Asyari dalam film Sang Kiai ini mengandung tiga gaya kepemimpinan yaitu moralis, karismatik dan demokratis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya kepemimpinan dan implikasinya KH. Hasyim Asy‟ari dalam film Sang Kiai terhadap keteladanan siswa di MA Al Amien. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan penelitian studi kepustakaan (library research). Sumber data dari penelitian ini adalah siswa kelas 10 MA Al Amien. Teknik pengumpul yang digunakan adalah dokumentasi dan kuisioner atau angket. Sedangkan analisis data ada 3 tahapan yang dilakukan penelitianya yaitu tahap awal, tahap pekerjaan lapangan, tahapan akhir. Hasil penelitian yang dilakukan maka penulis dapat menyimpulkan bahwa gaya kepemimpinan KH. Hasyim Asyari dalam film Sang Kiai ini mengandung tiga gaya kepemimpinan yaitu (1) Moralis mencakup sikap menghargai orang lain. (2) Karismatik mencakup sikap tegas, berani dan rendah hati. (3) Demokratis mencakup sikap disiplin, menerima dan memberikan saran, kerja sama. Sedangkan implikasi gaya kepemimpinan dalam KH. Hasyim Asy‟ari dalam film Sang Kyai terhadap keteladanan siswa yaitu (1) Siswa dapat lebih menghargai orang lain. (2) Siswa dapat menjadi hormat dan patuh terhadap guru. (3) Siswa dapat bersikap berani seperti berperilaku berani dalam kebenaran & kejujuran. (4) Sikap rendah hati bagi siswa yaitu dapat memberikan kritikan atau menerima masukan dari orang lain. (5) Sikap disiplin bagi siswa yaitu siswa lebih menghargai waktu. (6) menerima saran bagi siswa yaitu akan mendapatkan bahan evaluasi untuk menghindari kesalahan. Dan untuk dampak memberi saran bagi siswa yaitu dapat memberikan solusi terbaik dari masalah yang sedang dihadapi oleh siswa lainnya. (7) kerjasama bagi siswa yaitu dapat memperoleh kesempatan yang lebih besar untuk berinteraksi dengan siswa yang lain sehingga peserta didik dapat mengembangkan aspek moralitas dan interaksi sosialnya. Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan dan Keteladanan

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership (Administrasi Pendidikan, Manajemen dan Kepemimpinan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: HENDRI ZUAN ALFIANSAH
Date Deposited: 02 May 2024 06:42
Last Modified: 02 May 2024 06:42
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12532

Actions (login required)

View Item View Item