Implementasi Metode Baghdadiyah Dalam Meningkatkan Mutu Baca Tulis Al-Qur’an Di SDIT Al-Azhar Kota Kediri

Zulaikho, Isma Dwi (2023) Implementasi Metode Baghdadiyah Dalam Meningkatkan Mutu Baca Tulis Al-Qur’an Di SDIT Al-Azhar Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932106219_prabab.pdf

Download (390kB)
[img] Text
932106219_bab1.pdf

Download (153kB)
[img] Text
932106219_bab2.pdf

Download (319kB)
[img] Text
932106219_bab3.pdf

Download (119kB)
[img] Text
932106219_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (692kB)
[img] Text
932106219_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[img] Text
932106219_bab6.pdf

Download (57kB)
[img] Text
932106219_daftarpustaka.pdf

Download (561kB)
[img] Text
932106219_pernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (125kB)

Abstract

Di era Globalisasi saat ini, generasi Qur’ani menjadi salah satu yang sangat dibutuhkan eksistensinya ditengah-tengah masyarakat. Lembaga sekolah berlomba-lomba dalam meningkatkan mutu pendidikan agama dengan merencanakan program mengaji. SDIT Al-Azhar Kota Kediri menjadi salah satu lembaga yang memiliki program unggul dalam meningkatkan kemampuan siswa dengan program BTQ menggunakan metode Baghdadiyah. Maka penulis mengadakan penelitian tentang 1) penerapan metode Baghdadiyah dalam meningkatkan mutu Baca Tulis Al-Qur’an di SDIT Al-Azhar Kota Kediri, 2) hasil pembelajaran metode Baghdadiyah dalam meningkatkan mutu Baca Tulis Al-Qur’an di SDIT Al-Azhar Kota Kediri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan dan hasilnya. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data yang diperoleh melalui proses wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah SDIT Al-Azhar Kota Kediri, guru pembimbing BTQ, orang tua siswa dan siswa SDIT Al-Azhar Kota Kediri. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, triagulasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode Baghdadiyah dalam meningkatkan mutu Baca Tulis Al-Qur’an di SDIT Al-Azhar Kota Kediri terdiri dari perencanaan yang mendatangkan guru bersertifikat dari Pondok, pelaksanaan dimulai dengan murojaah sampai dengan doa penutup, serta evaluasi dengan dua tahap yakni evaluasi harian dan kenaikan jilid. 2) hasil pembelajaran metode Baghdadiyah dalam meningkatkan mutu Baca Tulis Al-Qur’an di SDIT Al-Azhar Kota Kediri yakni siswa mendapatkan sertifikat dari Pondok, nilai BTQ dicantumkan dalam Raport dan meningkatkan karakter siswa menjadi lebih baik seperti bergotong royong, menjaga kebersihan, peduli lingkungan, belajar dan rajin beribadah.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Isma Dwi Zulaikho
Date Deposited: 03 May 2024 06:31
Last Modified: 03 May 2024 06:31
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12518

Actions (login required)

View Item View Item