Peranan Orang Tua dalam Mengembangkan Sikap Sopan Santun pada Anak Tunarungu di SLB-B Dharma Wanita Kec. Pare. Kab. Kediri

MARKHABAN, MOH.AGUS DARMAWAN FATHONI (2019) Peranan Orang Tua dalam Mengembangkan Sikap Sopan Santun pada Anak Tunarungu di SLB-B Dharma Wanita Kec. Pare. Kab. Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
pra 123.pdf

Download (671kB)
[img] Text
45.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB)
[img] Text
6dp.pdf

Download (230kB)
[img] Text
lamp.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Peranan orang tua sebagai pendidik dalam keluarga sangatlah penting. Karena pada dasarnya keluarga ialah lembaga pendidikan yang utama untuk anak. Ki hajar dewantara menyatakan bahwa keluarga merupakan “pusat pendidikan“ terutama bertanggung jawab tentang pendidikan budi pekerti atau sopan santun sang anak. Pendidikan juga wajib diperoleh oleh siapa saja dan dimana saja, termasuk juga bagi para penyandang cacat atau berkelainan khusus. Hal ini sudah dijelaskan dalam Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 32 yang berisi bahwa: Pendidikan Khusus (Pendidikan luar biasa) merupakan pendidikan bagi para peserta didik yang memiliki kelainan atau cacat fisik, mental dan memperlukan penanganan secara khusus dalam proses belajar mengajar. Fokus masalah yang di ambil oleh peneliti adalah: 1. Bagaimana peranan orang tua dalam mengembangkan sikap Sopan Santun anak tunarungu di SLB-B Dharma Wanita Kec. Pare Kab. Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis studi kasus. Data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dilanjutkan analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Adapun sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas, dan orang tua. Dalam penelitian ini juga dilakukan pengecekan keabsahan data menggunakan Ketekunan pengamatan, Perpanjangan ke ikut sertaan, triangulasi. Sedangkan tahapan penelitian berupa tahap pra lapangan, pekerjaan lapangan, analisis data dan pelaporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peranan orang tua dalam perkembangan sikap sopan santun anak dinilai sangat penting dan mendasar. Hal tersebut dikarenakan orang tua atau pun keluarga menjadi tempat pertama anak menerima pelajaran, baik itu pelajaran tentang norma-norma sosial maupun norma-norma agama.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling (Konseling Pendidikan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability (Pendidikan Khusus dan Disabilitas)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 30 Apr 2024 06:44
Last Modified: 30 Apr 2024 06:44
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12513

Actions (login required)

View Item View Item