Safitri, Devi Laila Ayu (2023) Penyaluran Dana Zakat Melalui Program Beasiswa Pendidikan di Lembaga Amil Zakat Baitul Maal Hidayatullah Kabupaten Jombang Perspektif Manajemen ZISWAF. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
934212519_prabab.pdf Download (926kB) |
|
Text
934212519_bab1.pdf Download (468kB) |
|
Text
934212519_bab2.pdf Download (546kB) |
|
Text
934212519_bab3.pdf Download (320kB) |
|
Text
934212519_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (563kB) |
|
Text
934212519_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (574kB) |
|
Text
934212519_bab6.pdf Download (12kB) |
|
Text
934212519_daftarpustaka.pdf Download (224kB) |
|
Text
934212519_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
934212519_lembar persetujuan publikasi.pdf Download (187kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum dapat dioptimalkannya pendayagunaan zakat sebagai solusi pemberantasan kemiskinan dan angka putus sekolah di Indonesia, padahal zakat memiliki potensi yang sangat besar dan dana zakat merupakan faktor pendorong bagi keberlangsungan pendidikan. Hal ini pula yang terjadi di Kabupaten Jombang. Oleh karena itu, diperlukan penyaluran dana zakat yang efektif, profesional, bertanggung jawab, dan telah sesuai dengan manajemen ZISWAF. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana mekanisme penyaluran dana zakat melalui program beasiswa pendidikan pada LAZNAS Baitul Maal Hidayatullah ( BMH) Jombang, dan bagaimana penyaluran dana zakat perspektif manajemen ZISWAF di BMH Kabupaten Jombang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Objek dalam penelitian ini adalah mekanisme penyaluran dana zakat melalui program beasiswa pendidikan dan penyaluran dana zakat perspektif manajemen ZISWAF pada Baitul Maal Hidayatullah Jombang. Sumber data dalam penelitian ini adalah para informan, di mana teknik pengambilan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penyaluran dana zakat melalui program beasiswa pendidikan yang dilakukan oleh LAZNAS BMH Kabupaten Jombang telah berjalan dengan baik dan teratur. LAZNAS BMH telah menerapkan beberapa indikator dalam menyalurkan dana zakat melalui program beasiswa pendidikan yaitu penentuan objek penyaluran, syarat dan kriteria penerima program, pelaksanaan penyaluran program, dan pengawasan terhadap penerima program pendidikan. LAZNAS BMH juga telah menerapkan manajemen Zakat, Infaq, Shadaqah, dan Wakaf (ZISWAF) dalam penyaluran dana zakatnya yang meliputi: perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actualling), dan pengawasan (controlling). Dalam manajemen ZISWAF juga terdapat beberapa prinsip yang telah dijalankan LAZNAS BMH yaitu prinsip transparansi, kesukarelaan, keterpaduan, profesionalisme, dan kemandirian. Bentuk beasiswa yang diberikan oleh LAZNAS BMH Kabupaten Jombang yaitu berupa pemberian paket beasiswa yang diberikan kepada anak-anak yatim-piatu, kurang mampu, dan berprestasi setiap satu bulan sekali. Di samping memberikan bantuan beasiswa LAZNAS BMH juga memperhatikan ketekunan mustahik dalam beribadah. Meskipun belum banyak sekolah yang bekerjasama dengan LAZNAS BMH akan tetapi dengan adanya program beasiswa pendidikan yang dijalankan LAZNAS BMH ini banyak anak-anak yang terbantu dan mereka berhasil melanjutkan sekolah SMA/MA sampai ke perguruan tinggi negeri.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought 18 LAW AND LEGAL STUDIES (Ilmu Hukum) > 1801 Law and Islamic Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial Law, Islamic Contract Law) > 18012716 Waqf, Zakah, Infaq, Shadaqah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Perbankan Syariah |
Depositing User: | DEVI LAILA AYU SAFITRI |
Date Deposited: | 30 Apr 2024 07:55 |
Last Modified: | 30 Apr 2024 07:55 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12509 |
Actions (login required)
View Item |