Chalifa, Esadina Al (2023) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Karakter Religius Dan Sikap Kepedulian Sosial Siswa Di SMPN 1 Kandat. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932126216_prabab.pdf Download (798kB) |
|
Text
932126216_bab1.pdf Download (124kB) |
|
Text
932126216_bab2.pdf Download (175kB) |
|
Text
932126216_bab3.pdf Download (45kB) |
|
Text
932126216_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (143kB) |
|
Text
932126216_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (192kB) |
|
Text
932126216_bab6.pdf Download (62kB) |
|
Text
932126216_daftarpustaka.pdf Download (327kB) |
|
Text
932126216_sp.pdf Download (433kB) |
Abstract
ABSTRAK AL CHALIFA, ESADINA. 2022. Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Karakter Religius Dan Sikap Kepedulian Sosial Siswa Di SMPN 1 Kandat. Pembimbing Dr. H. ALI ANWAR, M.Ag dan Pembimbing UMMY FAUZIYAH LAILI, M.Si Kaata Kunci: Guru, Karakter Religius, Kepedulian Sosial Penelitian ini membahas tentang Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Karakter Religius Dan Sikap Kepedulian Sosial Siswa Di SMPN 1 Kandat yang dilatar belakangi adanya penurunan moral siswa. Penurunan moral tersebut ditandai dengan, kurangnya siswa dalam menghormati guru.Ketidak menghargainya siswa kepada guru ini tenuk akan sangat berdampak negatif dan bisa berkepanjangan. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan karakter religius dan sikap kepedulian sosial siswa yang ada di SMPN 1 Kandat, 2) Untuk mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung Guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan karakter religius dan kepedulian sosial siswa di SMPN 1 Kandat, 3) Untuk mendeskripsikan upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan karakter religius dan sikap kepedulian sosial siswa di SMPN 1 Kandat. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode pendekatan kualitatif Untuk memperoleh data penelitian maka peneliti akan terjun langsung dilapangan. Hasil Penelitian ini diantaranya: 1) Karakter religious dan sikap kepedulian sosial siswa di SMPN 1 Kandat karakter keberagamaan atau religius siswa mengalami penurunan, 2) Faktor penghambat diantaranya :perbedaan latar belakang siswa Berkembangnya teknologi yang semakin tidak terkontrol, Sekolah tidak dapat mengawasi secara penuh pergaulan siswa. faktor pendukung pendidikan karakter religius siswa SMPN 1 Kandat adalah: Faktor keluarga, Lingkungan sekitar tempat, Lingkungan sekolah, Sarana dan prasarana sekolah, 3) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan karakter religius dan sikap kepedulian sosial siswa di SMPN 1 Kandat adalah dilakukan dengan cara:Pembiasaan, Keteladanan, Perintah dan Larangan, Pengawasan, dan Nasehat
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130307 Ethnic Education (Pendidikan Etnis) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ESADINA AL CHALIFA |
Date Deposited: | 31 Jul 2024 06:30 |
Last Modified: | 31 Jul 2024 06:30 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12481 |
Actions (login required)
View Item |