Integrasi pendidikan keguruan dan pendidikan pesantren melalui sistem pendidikan KMI (Kulliyatul Mu’allimat Al-Islamiyah) Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor Putri 5 Kabupaten Kediri

Maulani, Fitri Hidayati (2019) Integrasi pendidikan keguruan dan pendidikan pesantren melalui sistem pendidikan KMI (Kulliyatul Mu’allimat Al-Islamiyah) Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor Putri 5 Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
pra bab.pdf

Download (284kB)
[img] Text
1 2.pdf

Download (299kB)
[img] Text
3 4 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (697kB)
[img] Text
6 dp.pdf

Download (124kB)

Abstract

Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan tertua di Indonesia dan terbukti mampu membidani lahirnya lulusan-lulusan yang mampu berkiprah di dalam masyarakat. Desakan modernisme menjadikan pesantren melakukan reformasi dalam sistem pendidikannya tanpa menghilangkan kekhasan pesantren. Salah satu pondok pesantren yang melakukan upaya tersebut adalah Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor Putri 5 Kabupaten Kediri. Dengan melaksanakan pendidikan KMI (Kulliyatul Mu’allimat Al-Islamiyah) pondok pesantren Gontor putri 5 menjawab berbagai tantangan zaman yang menuntut lulusan pesantren mampu berkiprah didalam masyarakat dan bergerak dibidang pemberdayaan umat melalui pendidikan. Fokus dalam penelitian ini antara lain: 1) Bagaimana pelaksanaan Pendidikan KMI (Kulliyatul Mu’allimat Al-Islamiyah) di Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor Putri 5 Kabupaten Kediri?, 2) Bagaimana cara integrasi pendidikan keguruan dan pendidikan pesantren melalui sistem pendidikan KMI (Kulliyatul Mu’allimat Al-Islamiyah) di Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor Putri 5 Kabupaten Kediri?, 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam integrasi pendidikan keguruan dan pendidikan pesantren melalui sistem pendidikan KMI (Kulliyatul Mu’allimat Al-Islamiyah) di Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor Putri 5 Kabupaten Kediri Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian case study dengan mengoptimalkan keterlibatan aktif peneliti diharapkan mampu mengumpulkan data dengan akurat melalui teknik observasi, dokumentasi dan wawancara secara mendalam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan KMI (Kulliyatul Mu’allimat Al-Islamiyah) di Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor Putri 5 Kabupaten Kediri di mulai dari jam 07.00 sampai dengan jam 12.50 WIB, dengan istirahat 2 kali pada jam 08.30 – 08.55 dan 10.30 – 10.55. Dalam mengintegrasi pendidikan keguruan dan pendidikan pesantren, pondok modern Darussalam Gontor putri 5 menggunakan sistem pendidikan KMI (Kulliyatul Mu’allimat Al-Islamiyah) yakni dengan pemberian mata pelajaran Tarbiyah pada kelas 3, 4 ,5, 6 dan Praktikum at-Tarbiyah al-Amaliah santri kelas 6 akhir. Faktor pendukung dalam Integrasi Pendidikan keguruan dan pendidikan pesantren melalui sistem pendidikan KMI (Kulliyatul Mu’allimat Al-Islamiyah) di Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor Putri 5 Kabupaten Kediri adalah adanya organisasi OPPM yang menggerakkan santriwati sekaligus bahasa Arab dan bahasa Inggris yang menjadi bahasa wajib, kemudian yang menjadi faktor penghambatnya adanya beberapa sarana yang kurang lengkap (laboratorium), adanya beberapa santri yang menyeleweng dari pengasuhan (tidak bisa adaptasi dengan lingkungan).

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education (Studi Komparatif dan Pendidikan Lintas Budaya)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 25 Apr 2024 07:06
Last Modified: 25 Apr 2024 07:06
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12473

Actions (login required)

View Item View Item