Metode Tabarak Untuk Meningkatkan Motivasi Menghafal Al-Qur‟an Anak Usia Dini Di Markaz Talaqqi Sahabat Al-Qur‟an Pekunden-Pesantren Kota Kediri

KHOIRIYAH, NINIK HIDAYATUL (2019) Metode Tabarak Untuk Meningkatkan Motivasi Menghafal Al-Qur‟an Anak Usia Dini Di Markaz Talaqqi Sahabat Al-Qur‟an Pekunden-Pesantren Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
pra 12.pdf

Download (1MB)
[img] Text
345.pdf
Restricted to Registered users only

Download (960kB)
[img] Text
6dp.pdf

Download (309kB)
[img] Text
lamp.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sangat penting menanamkan cinta Al-Qur‟an dihati anak-anak sedini mungkin. Olah karena itu, perlu upaya maksimal dari orang tua untuk memotivasi anak-anaknya untuk dapat cinta Al-Qur‟an dan menghafalkannya. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui pelaksanaan metode Tabarak dalam meningkatkan motivasi menghafal Al-Quran anak usia dini di Markaz Talaqqi sahabat Al�Qur‟an Pekunden-Pesantren Kota Kediri, 2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan metode Tabarak dalam meningkatkan motivasi menghafal Al-Quran anak usia dini di Markaz Talaqqi sahabat Al-Qur‟an Pekunden-Pesantren Kota Kediri Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder, subyek penelitian, tehnik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, dan metode yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi, display dan verifikasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa 1) pelaksanaan metode Tabarak ini meliputi: (a) perencanaan, mengadopsi kurikulum Tabarak dari Mesir dan sosialisasi kepada orang tua santri serta menandatangani Memorandum of Understanding (MOU), (b) pelaksanaan meliputi: murajaah ayat lama dan ayat baru serta diperdengarkan murattal dan menghafal ayat baru dengan mendengarkan murattal Syaikh yang diulang 20 kali. Dari semua kegiatan ini ada rewardnya yakni berupa makan kurma dan minum susu dan juga ada stiker, dari stiker ini bernilai sebagai hasil capaian belajar santri, (c) evaluasi, dilaksanakan ujian di tengah dan di akhir level. Dan ada ujian publik untuk santri yang mampu menghafal juz 30 dan 11 juz, dengan dihadirkan orang tua santri dan penguji dari luar ke Markaz Talaqqi. 2) faktor pendukung yang dihadapi santri Markaz Talaqqi yakni usia anak-anak, peran orang tua, speaker digital Qur‟an, stiker, sarana yang memadai, makanan bergizi, motivasi, waktu dan tempat. Sedangkan faktor penghambatnya yakni bosan, malas, tidak konsistennya orang tua, tidak adanya motivasi. Dengan demikian, dari adanya kegiatan mendengarkan murattal Syaikh sebanyak 20 kali sekaligus santri mendapatkan reward maka, metode Tabarak yang dilaksanakan di Markaz Talaqqi menunjukkan dapat meningkatkan motivasi menghafal Al-Qur‟an santri anak usia dini.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 25 Apr 2024 06:40
Last Modified: 25 Apr 2024 06:40
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12468

Actions (login required)

View Item View Item